Twitter Beri Penjelasan Khusus dalam Bahasa Indonesia


JAKARTA, KOMPAS.com - Entah apa di benak Twitter sehingga harus memberikan penjelasan khusus soal pemblokiran aplikasi UberTwitter, Twidroyd, dan UberCurrent dalam Bahasa Indonesia. Hal tersebut muncul di halaman Help Center situs web Twitter mengenai layanan Mobile.

Pagi ini, kabar pemblokiran aplikasi UberTwitter memang menjadi perbincangan hangat di layanan microblogging di Indonesia. Banyak pengguna yang kaget karena tidak bisa lagi menggunakan UberTwitter dan saat diakses muncul pesan kalau aplikasi tersebut dilarang. Dalam penjelasannya, Twitter menyatakan, UberTwitter menyalahi aturan kebijakan yang ditetapkan tanpa merinci lebih lanjut hal-hal apa saja yang dilanggar.

Namun, menurut penjelasan Bill Gross, Founder UberMedia yang menggawangi UberTwitter, setidaknya ada tiga alasan yang membuat Twitter keberatan yakni soal layanan pemajang tweet, perubahan link afiliasi, dan nama UberTwitter yang menggunakan nama resmi layanan tersebut. Pihak UberMedia langsung mengambil langkah untuk menaati aturan Twitter dengan menguah nama UberTwitter menjadi UberSocial, menghapus fitur pemanjang tweet, dan mengembalikan semua link afiliasi ke Twitter. Namun sampai berita ini diturunkan, UberTwitter belum bisa aktif kembali.

Munculnya penjelasan soal pemblokiran dalam Bahasa Indonesia cukup mengejutkan karena dibuat dalam bagian tersendiri. Perlu diketahui Indonesia merupakan negara dengan penetrasi pengguna Twitter yang tinggi. Data terakhir yang dilansir Comscore menempatkan Indonesia sebagai negara dengan penetrasi pengguna Twitter tertinggi di dunia dengan penetrasi 20,8 persen.

Dalam salah satu FAQ (Frequently Asked Question) di bagian Third Party Applications terdapat tulisan "Indonesian: UberTwitter, twidroyd, and UberCurrent." Jika di-klik, di dalamnya berisi penjelasan Twitter mengenai alasan pemblokiran tersebut terjemahan dari penjelasan sebelumnya dalam versi Bahasa Inggris. Berikut penjelasan Twitter yang ditulis dalam Bahasa Indonesia.

Ingin memakai Twitter di telpon genggam Anda? Gunakan salah satu dari aplikasi di bawah ini.

Twitter untuk Blackberry. Twitter untuk iPhone. Twitter untuk Android.

Terlepas dari bagaimana Anda mengakses Twitter, kami bertekad untuk membuat Twitter lebih baik, lebih cepat dan lebih dapat dipercaya bagi Anda. Sebagai bagian dari usaha ini, kami menghimbau agar para pembuat aplikasi untuk mengikuti kebijakan-kebijakan kami yang diperuntukkan bagi kenyamanan para pelanggan kami yang menggunakan Twitter sebagai platform yang sehat. Untuk itu, kami akan mengambil tindakan untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan kami.

Kami telah menghentikan secara sepihak UberTwitter dan twidroyd karena melanggar kebijakan-kebijakan kami.

Setiap hari, kami menghentikan secara sepihak ratusan aplikasi yang melanggar kebijakan-kebijakan kami. Biasanya, aplikasi-aplikasi tersebut mempunyai sedikit pelanggan. Hari ini kami mengumumkan kepada publik tentang penghentian sepihak ini karena menyangkut banyak pelanggan pemakai UberTwitter dan twidroyd.

Kami bertekad untuk membantu Anda untuk tetap menggunakan Twitter selama masa interupsi ini. Anda bisa mengunduh Twitter untuk Blackberry, Twitter untuk Android, dan aplikasi-aplikasi resmi Twitter lainnya di sini. Anda juga bisa menggunakan situs mobil atau aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh pihak ketiga.

Editor: Tri Wahono

 

TERBARU
Internet
Selasa, 27 Januari 2015 10.15 WIB
Awal Februari, "The Pirate Bay" Aktif Kembali
Gadget
Selasa, 27 Januari 2015 09.41 WIB
Smartphone Ini Lebih Tipis dari iPhone 6
Internet
Hardware
Selasa, 27 Januari 2015 08.42 WIB
Handal Untuk Bekerja
Gadget
Senin, 26 Januari 2015 20.43 WIB
Ponsel Samsung Ini Pakai "Hard Disk" Komputer
TERPOPULER
Kamis, 22 Januari 2015 09.32 WIB
Bocoran Data Ungkap Waktu Jatuh AirAsia QZ8501
Kamis, 22 Januari 2015 06.50 WIB
Resmi, WhatsApp Bisa Digunakan di PC dan Laptop
Jumat, 23 Januari 2015 14.11 WIB
Terungkap, AirAsia QZ8501 Jatuh Sambil Berputar
Kamis, 22 Januari 2015 10.01 WIB
Cara Instalasi WhatsApp untuk PC
Rabu, 21 Januari 2015 09.24 WIB
Apa yang Terjadi Setelah "Checkout" di Lazada?
Rabu, 21 Januari 2015 10.38 WIB
Gudang Raksasa Lazada di Pinggir Jakarta
Jumat, 23 Januari 2015 11.16 WIB
#SaveKPK Bergema di Dunia Maya
Sabtu, 24 Januari 2015 15.16 WIB
Setelah Microsoft, Google Bongkar "Aib" Apple