Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xinhua-China Mobile Luncurkan "Search Engine"

Kompas.com - 23/02/2011, 23:04 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - China dikenal sebagai negara yang ketat menerapkan pembatasan akses ke layanan internet. Namun, di tengah pembatasan tersebut, layanan internet di Negeri Tirai Bambu tersebut berkembang pesat.

Bahkan, Xinhua yang merupakan kantor berita, baru saja meluncurkan layanan search engine sendiri dengan menggandeng China Mobile, salah satu operator telekomunikasi terbesar di negara tersebut. Keduanya mendirikan perusahaan search engine Panguso yang menyediakan layanan di www.panguso.com.

"Kami ingin menyatukan kekuatan Xinhua sebagai kantor berita resmi yang memiliki sumber berita dan informasi sangat besar dan China Mobile dengan teknologi, operasional yang canggih, dan infrastruktur yang kuat," kata Li Congjun, President Xinhua dalam peluncurannya, Selasa (22/2/2011) kemarin.

Ia mengatakan Panguso bahkan menetapkan target menjadi layanan search engine nomor satu di China. saat ini, Baidu menjadi pemimpin di layanan tersebut setelah Google menyatakan mundur dari China setahun terakhir. China kini negara dengan pelanggan internet terbesar di dunia dengan jumlah mencapai 457 juta orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com