Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera iPad 2 Bukan Sekadar buat Memotret

Kompas.com - 03/03/2011, 05:37 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Sudah diduga, akan janggal rasanya kalau Apple tak menambah kamera pada iPad generasi keduanya di saat semua produsen tablet melakukannya. Seperti diprediksi sebelumnya, iPad 2 yang diluncurkan di San Francisco, AS, Selasa (2/3/2011) pagi waktu setempat pun telah dilengkapi dua kamera sekaligus.

"Kami telah melengkapinya dengan kamera untuk video. Kami meletakkan kamera di bagian belakang dan bagian depan," jelas CEO Apple Steve Jobs dalam konferensi pers di Yerba Buena Center of the Arts di San Francisco, California, AS.

Dalam penjelasan dio situsnya, Apple menyatakan kedua kamera dirancang untuk melakukan videochat melalui aplikasi FaceTime. Aplikasi ini sebelumnya telah diperkenalkan pada notebook Mac Pro dan iPhone 4. Dan kini pengguna tiga perangkat yang telah mendukung FaceTime bisa melakukan komunikasi dua arah dalam bentuk video.

Kedua kamera juga bisa digunakan bergantian selama melakukan videochat. Jika kamera depan yang diaktifkan, pengguna dapat berkomunikasi seolah saling bertatapan langsung. Di saat melakukan videochat, pengguna dapat mengalihkan ke kamera belakang untuk berbagi sesuatu di depannya kepada lawan bicaranya. Untuk melakukan FaceTime harus dengan jaringan WiFi. Sayang memang layananvideochat ini hanya eksklusif lewat FaceTime dan Apple tidak membukanya untuk aplikasi pihak ketiga.

Kamera bagian belakang juga dapat dimanfaatkan untuk merekam dalam format video HD (high definition). Secara tak langsung, iPad 2 juga bisa digunakan untuk membuat film berkualitas tinggi untuk mengabadikan peristiwa yang menarik di depan pengguna. Hasil rekaman dapat langsung diedit dan di-share lewat YouTube atau email. Kamera bagian belakangnya juga telah didukung sensor cahaya sehingga pengguna dapat merekam dengan beragam efek dalam kondisi apapun baik saat siang hari maupun malam hari dengan pencahayaan minim.

Untuk membuat rekaman video lebih profesional, aplikasi iMovie bisa jadi pilihan. Pengguna dapat menambahkan judul, memilih tema, dan transisi antar adegan, bahkan spundtrack. Hasilnya dapat di-share di Facebook atau YouTube. Namun, pengguna harus merogoh kocek lebih dalam 4,99 dollar AS dari iTunes karena iMovie tidak tersedia sebagai aplikasi gratis.

Sementara dengan kamera depan, pengguna dapat memanfaatkannya untuk membuat foto diri yang unik. Apple telah memberikan aplikasi Photo Booth yang menyediakan banyak efek untuk menghasilkan foto pribadi dengan nuansa klasik hingga artistik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com