Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Orang Hilang di Situs Web Palang Merah Dunia

Kompas.com - 12/03/2011, 13:28 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Tak hanya Google, Palang Merah Dunia atau International Committe of The Red Cross (ICRC) juga menyediakan layanan informasi orang hilang di situs webnya. Layanan yang diberi nama Familylinks ini bertujuan membantu warga melacak keluarga, teman, atau kolega di Jepang.

"Tujuan situs web Family Links ini adalah untuk membantu menghubungkan kembali keluarga yang terpisah. Palang Merah Dunia mengelola situs ini bekerja sama dengan Palang Merah Jepang, Palang Merah Nasional, dan Bulan Sabut Merah," tulis dalam situs web tersebut.

Seperti halnya layanan Person Finder yang dibuat Google, Familylinks dari Palang Merah Dunia juga menyediakan formulir untuk melaporkan orang hilang. Selain itu, ada formulir bagi warga Jepang untuk melaporkan kalau selamat dari bencana.

Semua data yang dimasukkan ditampilkan dalam bentuk database yang durutkan berdasarkan abjad. Setiap data yang dimasukkan harus dilengkapi identitas seperti tanggal lahir, lokasi terakhir, dan kontak telepon.

Namun, Palang Merah Dunia memberi catatan bahwa semua data tersebut tidak diverifikasi. Selain itu, semua data akan ditampilkan kepada publik tanpa sensor. Layanan tersebut gratis dan tidak dipungut bayaran apapun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com