Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Kuasai 6.000 Paten Nortel

Kompas.com - 05/04/2011, 10:06 WIB

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Kebetulan atau tidak, Google siap menggelontorkan 900 juta dollar AS untuk mengakuisisi paten Nortel, Senin (4/4/2011), di hari pertama Larry Page menjadi CEO (chief executive officer) kembali. Larry Page yang meninggalkan jabatan tersebut selaam 10 tahun memang digadang-gadang bakal membawa Google makin agresif terutama di persaingan industri mobile saat ini.

Nortel menyatakan pihaknya telah membuat kesepakatan dengan Google dan menunggu persetujuan otoritas terkait. Jumlah paten yang akan dikuasai Google sebanyak 6.000 paten terkait dengan teknologi koneksi nirkabel, 4G, jaringan data, optik, suara, internet, penyedia layanan, dan teknologi semikonduktor.

"Portofolio paten yang sangat luas itu melingkupi hampir semua aspek telekomunikasi dan pasar pendukung termasuk pencarian di internet dan jejaring sosial," demikian pernyataan Nortel. Perusahaan Kanada tersebut terpaksa menjual seluruh aset-asetnya setelah dinyatakan bangkrut.

Google sendiri berambisi mendapatkan paten tersebut sebagai senjata untuk menghadapi banyak gugatan paten terkait teknologi yang digunakannya. Google juga akan menggunakannya untuk mendukung pengembangan teknologi berbasis open source yang dikembangkannya seperti Android dan Chrome.

Untuk mendapatkan paten tersebut, Google kabarnya harus bersaing dengan perusahaan lain yang juga tertarik dengan paten tersebut dalam lelang tertutup. Antara lain Apple, Ericsson, dan RPX (Rational Patent Exchange). RPX adalah perusahaan litigasi paten yang membantu perusahaan-perusahaan yang bermasalah dengan paten dan menciptakan paten sendiri dengan lisensi penggunaan tahunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com