Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah Atur Budget Pribadi Lewat NgaturDuit.com

Kompas.com - 13/04/2011, 16:09 WIB

KOMPAS.com - Jika anda adalah orang yang memiliki kesulitan dalam mengatur keuangan, kini ada situs web yang membantu Anda mengatur keuangan. Salah satunya NgaturDuit.com. Selain dapat mengatur keuangan dengan menggunakan tools yang tersedia, NgaturDuit.com juga menyediakan jasa konsultan keuangan yang bisa berinteraksi dengan Anda sehingga konsultasi lebih hidup.

Api Perdana, salah satu pendiri NgaturDuit.com berbagi cerita kepada Kompas.com saat ditemui usai pitching dengan para investor di Kantor Microsoft Indonesia, di Jakarta, Sabtu (12/4/2011) lalu.

"Kami mendirikan NgaturDuit untuk mengedukasi masyarakat Indonesia agar mengerti manajemen keuangan. Kami memberikan layanan untuk orang yang ingin memonitor keuangannya," jelas Api.

Saat mengakses NgaturDuit.com, seseorang wajib memasukkan data-data keuangannya. Semua informasi tentang jumlah uang dan tempat-tempat penyimpanan, baik bank, hingga dompet, semua informasinya harus lengkap dimasukkan ke dalam data pengguna. Dari data tersebut, setiap kali menggunakan uang, orang tersebut harus melaporkannya ke NgaturDuit. Maka, jika pengeluaran sudah overbudget, NgaturDuit akan memberi peringatan atau notification via sms bila diizinkan.

Hingga kini, layanan dengan menggunakan tools di NgaturDuit masih gratis, namun, jika sudah melibatkan konsultan dari perusahaan konsultan keuangan, maka akan dikenakan biaya sesusai tarif yang berlaku.

Untuk dapat melakukan berbagai kegiatan di NgaturDuit.com, para pengguna harus terdaftar dan login terlebih dahulu, sehingga rahasia keuangan dan transaksi yang dilakukannya di NgaturDuit.com tetap terjaga secara privat. Menurutnya, pengguna tidak perlu takut terhadap pencurian informasi karena:

1. NgaturDuit mengimplementasikan SSL Security yang sertifikatnya berasal dari GeoTrust (bisa lihat di footer website) untuk menjamin bahwa informasi yang dimasukkan ke browser aman dari pencuri.

2. NgaturDuit memiliki kebijakan privasi yang jelas (bisa dibaca di footer website) mengenai penggunaan semua informasi profile dan data keuangan. Semua pegawai mengikuti ketentuan tersebut.

3. Jika masih ragu, tidak apa-apa karena informasi minimal yang wajib diberikan pada saat registrasi hanyalah username dan email, di mana user dapat memberikan informasi anonymous (mengarang username dan membuat email baru) sehingga tidak ada informasi kontak.

NgaturDuit.com didirikan dua orang, yaitu Adhityo Priyambodo dan Api Perdana. Adhit bertanggung jawab atas pengembangan sistem, dan Api bertanggung jawab atas pengembangan bisnis. Saat ini, pengembangan aplikasi web terdiri dari dua orang, dan untuk mobile, juga dua orang. NgaturDuit pertama kali launch pada awal 2010, namun mulai menemukan bentuk dan visi yang jelas setelah bermitra dengan Aidil Akbar dan tim konsultan yang bergabung di Akbar's Financial Checkup, pada November 2010.

"Kami sudah mengembangkan Mobile Web, di mana jika user mengakses Ngaturduit.com dari HP, maka akan otomatis di-redirect ke versi mobile web yang tampilannya disesuaikan dengan layar HP dan lebih ringan (cepat). Kami juga sedang menyelesaikan aplikasi BB yang akan launching untuk publik dalam waktu dekat. Aplikasi Android akan menyusul dalam 3 minggu ke depan, kemudian kami akan fokus pengembangan untuk iPad/iPhone," tutup Api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com