Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UberMedia Akan Luncurkan Pesaing Twitter

Kompas.com - 14/04/2011, 13:35 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Layanan microblogging Twitter akal punya pesaing baru. Bukan dari pesaing baru, namun malah dari pengembang aplikasi yang selama ini turut membesarkan Twitter yakni UberMedia.

Berita yang dilansir CNN, UberMedia tengah mengembangkan layanan sendiri yang dirancang untuk mengatasi masalah komunikasi yang sering ditemui pengguna Twitter. Misalnya, salah satunya keterbatasan karakter yang kini cuma dibatasi 140 karakter.

Diakui atau tidak, Twitter makin populer dengan hadirnya aplikasi untuk mengaksesnya di sejumlah perangkat mobile. UberMedia merupakan pemilik sejumlah aplikasi populer untuk akses Twitter seperti UberTwitter yang kini berubah menjadi UberSocial. Ruang gerak UberMedia sempat dibatasi Twitter dengan menutup tiga aplikasi pada Februari lalu karena dianggap melanggar aturan main dan pelanggaran merek.

UberMedia terpaksa harus mengubah nama UberTwitter menjadi UberSocial. UberMedia juga harus memenuhi semua aturan yang ditetapkan Twitter seperti melarang pesan lebih dari 140 karakter yang menjadi ciri khas Twitter serta menampilkan pemendek URL dari pengguna memilih akunnya dalam status privat.

Hubungan Twitter dengan para pengembang pihak ketiga juga semakin jauh karena Twitter sendiri mendorong penggunanya untuk menggunakan aplikasi resmi buatannya. Bulan lalu, Twitter juga meminta pengembang aplikasi pihak ketiga untuk membuat cara berbeda dan tidak menampilkan fitur yang sudah ada di Twitter.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com