PersonaFlag Makin Lengkap Memberi Panduan - Kompas.com

PersonaFlag Makin Lengkap Memberi Panduan

Kompas.com - 17/04/2011, 23:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat Anda sedang berada di suatu tempat yang baru atau bahkan keramaian, apa yang tepirikirkan? Tempat-tempat menarik di sekitar Anda salah satunya. Misalnya restoran, ATM, atau bahkan kegiatan atau diskon yang ada di sekitar tempat Anda berdiri. Kebutuhan seperti itulah yang coba dipenuhi PersonaFlag, layanan jejaring sosial yang dikembangkan Sigit Purnomo, Putu Reisha Juniar, dan Denny Widhana.

Tidak hanya memberikan informasi saja, PersonaFlag juga menyediakan layanan jejaring sosial sehingga antaranggota dapat saling berinteraksi. Dalam situsnya disebutkan bahwa PersonaFlag merupakan aplikasi social networking berbasis lokasi yang dikembangkan dengan tujuan mempermudah pengguna berinteraksi dengan pengguna lain serta memudahkan pengguna untuk mengetahui informasi lokasi yang berada disekitarnya, seperti informasi mengenai suatu tempat, iklan, event, dan pengguna lain.

PersonaFlag menyedia dua caramengakses layanan yakni lewat aplikasi berbasis piranti mobile dan aplikasi berbasis Web. Aplikasi mobile saat ini baru sebatas menggunakan platform JAVA dan ke depan akan dikembangkan ke platform BlackBerry, Android, dan iPhone. Dengan aplikasi mobile, pengguna bisa mendapat layanna penuh jika ponsel mendukung fitur GPS. Namun, kalau tidak ada GPS, pengguna dapat memilih tempat sendiri baik di aplikasi mobile atau web.

Sejak 1 April 2011, PersonaFlag menghadirkan fitur-fitur baru dengan tampilan desain yang lebih segar. Beberapa fitur baru tersebut antara lain kemudahan "Status Update with Geo Location API". Jika pada versi sebelumnya, pengguna hanya bisa mengupdate status di lokasi-lokasi yang sudah tersimpan di database, maka diversi yang baru, pengguna dapat mengupdate status dengan menggunakan GeoLocation API.

"Proses ini dapat dilakukan jika browser yang digunakan pengguna sudah mendukung GeoLocation API (Mozila Firefox 3.5+, Opera, Chrome). Akurasi lokasi sangat tergantung dengan konfigurasi piranti yang digunakan oleh pengguna. Jika piranti dilengkapi dengan modul GPS, maka akurasi yang dihasilkan akan lebih baik," kata Sigit Purnomo dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Kedua, "Integrated with Facebook and Twitter". Integrasi dengan social media seperti Facebook dan Twitter sepertinya sudah menjadi keharusan bagi penyedia layanan. Oleh karena itu, di versi yang baru ini, pengguna dapat mengintegrasikan PersonaFlag dengan account Facebook dan Twitter mereka sehingga ketika pengguna melakukan update status, maka status juga akan langsung di update ke Facebook dan Twitter. Pengguna dapat mengatur setting integrasi in melalui menu Profile Update.

Ketiga, "Flag Place". Fitur Flag Place sebelumnya hanya ada pada plarform mobile. Pada versi yang baru, fitur ini juga tersedia di platform Web. Pengguna dapat melakukan flag a place dengan memilih spot yang akan di flag melalui Google Map kemudian mengisikan data-data yang diperlukan.

Keempat, "Game Mechanic". Fitur game mechanic sebenarnya sudah ada dari versi yang lama, tetapi kurang begitu terlihat. Oleh karena itu, di versi yang baru ini fitur ini lebih ditonjolkan. Pengguna dalam melakukan aktivitasnya di PersonaFlag akan mendapatkan point/flag, misal pengguna mengupdate status maka akan mendapat point 10. Kompetisi mengenai siapa pengguna yang memperoleh point/flag tertinggi ditampilkan dalam menu Flagboard. Saat ini, juga sedang disiapkan berbagai badge untuk mendukung game mechanic ini.

Kelima, GoogleMap API Optimization. Rilis PersonaFlag yang baru juga menambahkan berbagai fitur yang mengoptimalkan penggunaan GoogleMap API. Jika pada versi sebelumnya hanya peta saja, maka pada versi yang baru juga ditambahkan fitur untuk melihat direction berdasarkan posisi terakhir pengguna ketika mengupdate status dengan posisi pengguna lain, tempat, event, maupun advertisement yang ada di sekitar pengguna.

PersonaFlag terpilih menjadi Best Mobile Application dalam SparxUp Award 2010 lalu. Informasi lebih lanjut kunjungi www.personaflag.com

EditorTri Wahono
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM