Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Serangan Hacker

CEO Sony Minta Maaf Lewat Blog

Kompas.com - 06/05/2011, 20:04 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Chief Executive Sony Corp Howard Stringer meminta maaf kepada semua pelanggan atas kejadian pencurian data oleh hacker (peretas). Akibat peristiwa ini, Sony terpaksa menutup layanan online PlayStation Network dan layanan Qriocity selama dua minggu.

"Sebagai perusahaan, kami meminta maaf atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang disebabkan oleh serangan ini," ujar Stringer yang di-posting melalui blog resmi Sony, Kamis (5/5/2011). Tim Sony berjanji segera membenahi akses tersebut secepat dan seaman mungkin.

Langkah penutupan terpaksa dilakukan pada 20 April 2011 dengan alasan terjadi gangguan eksternal. Ternyata, saat itu jaringan PlayStation dan Qriocity tengah diobrak-abrik oleh peretas dan mengakibatkan jebolnya 77 juta identitas pengguna kedua jaringan itu, seperti alamat e-mail, tanggal lahir, dan password.

Sony telah bekerja sama dengan pihak berwenang, termasuk Biro Investigasi Federal AS (FBI) untuk mengejar para penyusup tersebut. Di lain pihak, Sony menghadapi gugatan atas keterlambatan informasi tentang adanya kasus pencurian data yang mungkin dilakukan peretas. Perusahaan ini baru memperingatkan pelanggan pada 26 April atau enam hari setelah penutupan jaringan PlayStation dan streaming musik Qriocity.(Kontan/Dyah Megasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com