Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
#StartupLokal Meetup v.13

Saatnya Menggali Teknik-teknik Presentasi

Kompas.com - 11/05/2011, 15:46 WIB

KOMPAS.com - Komunitas #StartupLokal kembali melakukan pertemuan atau meetup bulanannya yang ke tiga belas. Kali ini topik yang diangkat adalah mengenai presentasi. Berbeda dengan meetup-meetup sebelumnya, kali ini #StartupLokal membuat semacam kompetisi bertajuk "Presentation Idol".

Dalam meetup kali ini, terdapat delapan orang yang akan melakukan presentasi di depan lebih dari 230 peserta meetup yang telah mendaftar dan dua panelis juri. Setiap presentasi akan dikomentari dan dinilai aspek presentasinya. Hal-hal seperti olah tubuh, penguasaan panggung, intonasi suara serta bagaimana cara menyampaikan materi ke peserta akan menjadi bahan pertimbangan juri.

Kompetisi ini bertujuan untuk melihat berbagai teknik presentasi yang dilakukan para presenter, dan mendengarkan komentar konstruktif dari para juri yang kompeten. Juri yang akan menilai presentasi ini adalah Sumartok dari Presentonomics, dan Lex dePraxis dari Hitman System. Kompetisi kali ini hanyalah untuk pembelajaran saja, dan bukan untuk menentukan siapa yang menang atau pun kalah.

"Dulu saat kita masih sekolah atau kuliah, melakukan presentasi adalah hal yang langka," ujar Nuniek Tirta, salah satu inisiator #StartupLokal, dalam rilis persnya. "Jadi ketika kita dewasa sekarang, kita belum terbiasa melakukan presentasi di depan publik. Kini kita harus belajar dan belajar lagi, menggali ilmu dari yang terbaik, dan melatihnya berulang-ulang agar lancar ketika presentasi di depan publik."

Untuk usaha-usaha rintisan di bidang IT (startups), presentasi merupakan gerbang mereka untuk mendapatkan klien, pengguna produk mereka atau pun investasi dari investor. Tantangannya saat ini adalah tidak terbiasanya para wiraswastawan tersebut dalam melakukan presentasi. Entah cara teknik komunikasinya yang salah sehingga pesan yang ingin disampaikan tidak sampai ke pendengar, atau karena gugup dan panik sehingga presenter menjadi tampak tidak percaya diri dan gagu.

Komunitas #StartupLokal adalah komunitas perusahaan rintisan di bidang IT. Komunitas ini melakukan meetup bulanan secara konsisten. Tujuan meetup bulanan ini adalah untuk melakukan sharing ilmu non-IT seperti pemahaman keuangan, hukum, komunikasi, branding, investasi dan komunikasi media. Meetup #StartupLokal selalu gratis dan terbuka untuk umum, baik yang masih sekolah, kuliah, memiliki startups atau pun yang belum punya sekali pun. Informasi mengenai komunitas ini maupun jadwal meetup bisa dilihat di http://startuplokal.org atau melalui akun twitter @startuplokal. 

Meetup kali ini dilaksanakan Rabu (11/5/2011 pukul 19.00 di Gedung TransTV, Jl. Kapten Pierre Tendean Kav 12-14A, Mampang, Jakarta. #StartupLokal community didukung oleh annual sponsor Nokia dan meetup kali ini juga didukung oleh TransTV dan operator seluler Three.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com