Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Industri Smartphone

Microsoft Rilis Mango, Persaingan Makin Ketat

Kompas.com - 25/05/2011, 23:23 WIB

KOMPAS.com — Daya saing platform Windows Phone makin kuat untuk bersaing dengan iOS buatan Apple dan Android buatan Google. Versi terbaru yang diumumkan Microsoft, Selasa (24/5/2011), dengan nama kode Mango, makin baik ketimbang versi sebelumnya.

Total ada sekitar 500 fitur baru yang ditambahkan ke dalamnya ketimbang versi Windows Phone 7 yang keluar delapan bulan lalu. Perbaikan utama dilakukan, baik pada fitur komunikasi, aplikasi, maupun pengalaman berinternet.

Beberapa fitur utama yang ditambahkan antara lain browser Internet Explorer 9, terintegrasi dengan Twitter dan LinkedIn, multitasking penuh, dan akses ke lebih dari 17.000 aplikasi yang tersedia di online market. Bahkan, dengan fitur Live Tiles, membaca update informasi kini bisa dilakukan secara realtime tanpa menyalakan aplikasi karena berjalan dengan memanfaatkan latar belakang. Komunikasi berbasis teks juga diintegrasikan sehingga pengguna fokus kepada pesan, tak peduli apakah ia melakukan komunikasi lewat SMS, Facebook, atau instant messenger.

Smartphone dengan platform Mango bakal mulai tersedia pada musim gugur tahun ini atau sekitar Juli 2011 dengan kombinasi prosesor Snapdragon generasi kedua buatan Qualcomm. Microsoft belum memaparkan secara rinci kapan versi terbaru Windows Phone ini akan tersedia. Namun, sebelum masuk ke produk baru, pengguna smartphone berbasis Windows Phone sudah akan bisa melakukan update.

Microsoft menyatakan, sejumlah vendor handset siap mengadopsi Mango untuk produk barunya, antara lain Acer, Fujitsu, ZTE, termasuk Samsung, HTC, dan LG. Mitra strategis Microsoft yang baru saja membangun aliansi, yakni Nokia, juga memastikan akan menggunakan Mango untuk smartphone pertama yang digarap bareng Microsoft akhir tahun ini atau awal tahun 2012.

"Kami sangat puas dengan kerja sama strategis bersama Microsoft, dan Mango adalah loncatan terbaik untuk perangkat pertama Nokia yang menggunakan Windows Phone," kata Jo Harlow, Executive Vice President for Smart Devices Nokia, dalam blog resmi perusahaan.

Mango tentu jadi harapan baru Microsoft untuk masuk dalam persaingan yang semakin ketat, mengingat pangsa pasarnya di platform smartphone masih sangat kecil. Berdasarkan data Gartner, pada kuartal pertama 2011, Windows Phone hanya menguasai 4 persen pangsa pasar sistem operasi smartphone. Ini jauh dari Android yang menguasai 36 persen disusul Symbian 27 persen dan iOS 17 persen. Namun, dengan Nokia memutuskan fokus menggunakan Windows Phone di produk smartphone-nya, pangsa pasar gabungan keduanya makin ketat bersaing dengan iOS dan Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com