Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salingsilang.com Petakan Tren di Media Sosial

Kompas.com - 26/05/2011, 22:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Percakapan online di Indonesia semakin aktif. Hal itu terbukti dengan jumlah 95 juta tweet yang dihasilkan dari Januari hingga Maret 2011 serta 5 juta blog yang aktif pada tahun 2011. Demikian hasil telaah Salingsilang.com, situs yang menjaring percakapan di media sosial di Tanah Air.

Sayangnya, menurut Enda Nasution, Managing Director Salingsilang.com, percakapan yang terjadi di dunia maya belum teranalisis dengan baik. Padahal, percakapan itu bisa ditelaah dan menjadi bahan studi sosiologis yang hasilnya bermanfaat bagi kalangan pemerintah maupun kalangan bisnis. Enda mengungkapkan, dengan motivasi melakukan analisis itu, Salingsilang.com hadir dengan menjaring percakapan di media sosial dan memetakan trennya.

"Kita kumpulkan situs-situs yang tercerai berai itu menjadi satu struktur, jadilah Salingsilang.com," ungkap Enda yang mendirikan situs itu pada Februari 2011. Dalam Obrolan Langsat yang digelar di Jalan Langsat I, Jakarta Selatan Rabu (25/5/11), diluncurkan tampilan baru Salingsilang.com. "Ini adalah upaya untuk memperbaiki tampilan. Ada komentar yang mengatakan tampilan yang dulu terlalu teknis, banyak chart-nya," tutur Enda.

Pada tampilan baru situs tersebut, tertampil isu terbaru yang berkembang di media sosial dan tautan situs yang menjadi jaringan Salingsilang.com. Ada pula tambahan fitur seperti petatwit, direktori Facebook, dan fitur Now! Yang khusus mengumpulkan trending topic yang ada di Twitter.

Dalam kesempatan yang sama, Enda juga mengulas hasil telaah Salingsilang .com pada media sosial. Selain jumlah tweet dan blog, Enda juga memaparkan hasil yang lebih detail, distribusi umur pengguna Twitter dan Facebook serta hubungan media sosial dengan media mainstream.

"Pada bulan Maret sendiri sudah ada 47 juta tweet. Pengguna Twitter sendiri rata-rata nge-tweet 8,29 kali pada bulan Maret. Waktu aktifnya adalah pada jam 6 petang hingga 10 malam. Sementara, tweet pada hari Kamis, Sabtu dan Minggu cenderung meningkat," jelas Enda.

Menurut Enda, hasil analisis tersebut juga bisa dilihat lebih lanjut. Misalnya, apa saja dan bagaimana audiens percakapan pada malam hari. Seelain itu, Enda juga mengatakan, bahwa akun yang paling ramai itu adalah yang tweet-nya pertanyaan. "Karena orang Indonesia itu suka nge-tweet tapi kadang enggak tahu mau tweet apa," ujarnya menganalisis.

Tentang media sosial dan media mainstream, Enda mencermati bahwa publik masih butuh media mainstream yang dianggap lebih valid. "Selain itu, hubungan media mainstream dan media sosial juga unik. Isu di media sosial divalidasi oleh media mainstream lalu jadi perbincangan lagi di media sosial. Contoh kasus Briptu Norman," katanya.

Salingsilang.com percaya bahwa percakapan di media sosial bisa membawa dampak positif dalam segi bisnis, pendidikan, politik maupun persatuan dan kesatuan. Dengan demikian, upaya menganalisa percakapan di media sosial perlu dilakukan. Sebanyak 20 situs kini tergabung dalam jejaring salingsilang.com. Dalam pertemuan ini, diperkenalkan pula situs terbaru yang masuk dalam jejaring Salingsilang.com, yakni Twitalk.co.id, Akademiberbagi.com, Gusdurian.net dan Srimulat.org.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com