Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sambut Gerhana Bulan

Warga Semarang Shalat Gerhana

Kompas.com - 15/06/2011, 22:38 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Menyambut terjadinya gerhana bulan secara total pada Kamis (16/5/2011) pukul 02.22, umat Islam di Kota Semarang, Jawa Tengah, akan melaksanakan shalat sunah gerhana bulan.

Shalat sunah gerhana bulan akan berlangsung di sejumlah masjid besar di Kota Semarang, seperti Masjid Baiturrahman di Simpang Lima, Masjid Agung Jawa Tengah di Jalan Gajah, dan Masjid Besar Kauman di Johar.

Sekretaris Badan Pengelola Mesjid Agung Jawa Tengah Agus Fathuddin Yusuf, Rabu (15/6/2011) sekitar pukul 22.00, mengatakan, pihaknya akan menggelar shalat sunah gerhana bulan di Masjid Agung Jawa Tengah sekitar pukul 00.00. Penyelenggaraan shalat sunah itu akan diikuti ratusan Muslim di Semarang dan sekitarnya.

Setelah shalat sunah, para jemaah akan melanjutkan dengan mendengarkan khotbah terkait dengan fenomena alam gerhana bulan. Pihaknya juga mengimbau supaya pelaksanaan shalat sunah diikuti umat Muslim yang rumahnya dekat dengan masjid.

Kegiatan serupa juga akan digelar di Masjid Baitussalam, Kedungmundu, Tembalang. Menurut jemaah di masjid ini, Misbach, shalat sunah menyambut gerhana bulan akan berlangsung pada pukul 03.00.

Sejumlah warga di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, menyatakan tertarik untuk menyaksikan gerhana bulan total yang jarang terjadi itu. Kalau perlu, mereka siap begadang di pos siskamling atau di balai warga bersama-sama warga lain sambil menikmati siaran televisi yang menyiarkan terjadinya gerhana bulan.

"Kami juga ingin menyaksikan apakah gerhana bulan total itu benar-benar semakin membuat suasana malam betul-betul gelap gulita. Kabarnya, malah bulan yang kena gerhana itu warnanya memerah," ujar Bustami, warga Kedungmundu, Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com