"Live Streaming" Gerhana Bulan di YouTube

JAKARTA, KOMPAS.com — Jangan khawatir kalau Anda tidak sempat atau bahkan tidak bisa menyaksikan gerhana bulan total secara langsung karena berada di daerah yang tidak beruntung. Google bekerja sama dengan Slooh Space Camera menyiapkan tayangan live streaming gerhana bulan total dari sejumlah negara.

Halaman situs Slooh Space Camera akan menayangkan pilihan live streaming dari Afrika Selatan, Dubai, dan Siprus mulai pukul 01.00 WIB, Kamis (16/6/2011) dini hari nanti. Live streaming itu tidak hanya tayangan, tetapi juga dilengkapi narasi berupa audio dari para astronom secara langsung sehingga pengunjung mendapat lebih banyak penjelasan.

Selain itu, live streaming juga dapat disaksikan di salah satu kanal yang dipersiapkan di YouTube mulai jam yang sama. Pengguna software Google Earth juga dapat melihat live streaming dengan mengunduh file kml tambahan agar tayangan dapat tampil sebagai layer baru di fitur Sky.

Bahkan, buat Anda yang sedang dalam perjalanan, peristiwa gerhana bulan total dapat diikuti lewat perangkat smartphone berbasis Android. Namun, Anda harus mengunduh dan meng-install terlebih dahulu aplikasi Slooh Space Camera untuk melihat rekaman-rekaman tahap gerhana secara kontinu.

Gerhana bulan total yang terjadi pada Kamis (16/6/2011) memang mendapat perhatian besar dari kalangan pengamat astronomi di seluruh dunia. Sebab, peristiwa gerhana ini termasuk yang terlama dalam sejarah karena akan mencapai masa total sekitar dua jam. Peristiwa ini dapat disaksikan langsung di sebagian besar wilayah Indonesia sepanjang dini hari hingga subuh nanti.

Editor: Tri Wahono

 

TERBARU
e-Business
Selasa, 7 Juli 2015 15.50 WIB
Sony Tegaskan Kembali Tidak Akan Jual Xperia
Gadget
Selasa, 7 Juli 2015 15.05 WIB
LG G Pro 3 Bakal Pakai Sensor Retina Mata?
Internet
Selasa, 7 Juli 2015 14.26 WIB
4G LTE Tri Dijanjikan Tembus 35 Mbps
Software
Selasa, 7 Juli 2015 13.56 WIB
Instagram Kini Dukung Foto Beresolusi Tinggi