Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Resmikan Pusat Keamanan Cyber

Kompas.com - 17/06/2011, 14:29 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Maraknya serangan hacker ke sejumlah perusahaan dan lembaga terkemuka di berbagai negara disikapi serius. Jerman misalnya mencanangkan pusat keamanan cyber untuk menanggulangi potensi ancaman keamanan terhadap insfrastruktur jaringan penting di negara tersebut, Kamis (16/6/2011).

"Melindungi infrastruktur penting merupakan core keamanan cyber. Kami menyadari sepenuhnya bahwa ancaman terhadap serangan ke sistem ini terus naik," kata Hans-Peter Friedrich saat meresmikannya Nationales Cyber-Abwehrzentrum di Bonn.

Pusat penanggulangan ancaman cyber tersebut dioperasikan 10 ahli keamanan lintas lembaga yang bekerja 24 jam. Mereka berkoordinasi dengan kepolisian, militer, badan intelijen, dan lembaga terkait.

Jerman yang merupakan negara dengan tingkat pereknomian terbesar di Eropa bukanlah satu-satunya negara yang khawatir dengan ancaman dunia maya. Negara superpower AS, pada 2009, juga mendirikan Cyber Command. NATO juga sudah menempatkan keamanan cyber menjadi salah satu prioritas pertahanan.

Serangan hacker ke berbagai situs web mewabah dalam beberapa bulan terakhir. Tak kurang dari lembaga ternama yang menjadi korban antara lain IMF, Senat AS, Sony, Nintendo, bahkan badan intelijen AS CIA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com