Pesan Layanan Kamar di Hotel Lewat iPad

Apple.com

iPad

KOMPAS.com — Tamu-tamu hotel di Amerika kini dapat bermain Angry Bird dan memesan layanan kamar tanpa meninggalkan iPad mereka.

Kini semakin banyak hotel di Amerika yang menyediakan komputer tablet yang populer, seperti iPad, untuk tamu di kamar mereka. Ini agar pesanan makanan dan minuman makin meningkat dan kebutuhan staf berkurang.

Sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Intelity, yang berkantor pusat di Orlando, memungkinkan tamu memesan makanan, menjelajah internet untuk mencari info soal fasilitas hotel dan atraksi di kota, memesan telepon pagi untuk membangunkan, menjadwalkan kedatangan housekeeper, mengirim pesan kepada staf hotel atau tamu lainnya, serta memesan layanan sewa mobil. Informasi penerbangan dan cuaca selama 5 hari ke depan juga ditampilkan dalam aplikasi ini.

Hotel-hotel yang menyediakan iPad umumnya hotel-hotel kelas atas yang memiliki tamu yang sering berbelanja banyak barang, antara lain The Plaza di New York, Mondrian SoHo di New York, Inn Hilton di Penn, Philadelphia, dan Royalton Hotel di New York.

Tamu-tamu hotel akan dikenakan biaya jika mereka lupa mengembalikan iPad kepada pihak hotel. Beberapa hotel menempelkan perangkat itu di atas meja untuk mencegah pencurian.

Intelity telah menjual aplikasi ini sejak dua tahun lalu hingga sekarang. Sebagian besar aplikasi ini dapat dibuka di ponsel pintar, seperti iPhone, BlackBerry, ponsel Android, yang disesuaikan dengan perangkat yang dimiliki tamu hotel.

Beberapa hotel, seperti Wyndham Hotel, menginstalasi aplikasi ini versi PC di halaman selamat datang pada layanan WiFi hotel itu.

Menurut CEO Intelity David Adelson, sekitar 380 hotel di berbagai kota di Amerika saat ini menggunakan aplikasi tersebut dan jumlahnya akan terus bertambah. Wyndham telah membuat standar merek dagang, yang berarti semua hotel diminta menyediakan perangkat dan aplikasi ini untuk para tamu hotel dalam beberapa bulan mendatang. Hal itu termasuk 90 persen hotel-hotel Wingate, merek dagang Wyndham.

"Ini semacam kendaraan yang melayani diri sendiri," kata Adelson. "Sebagian besar wisatawan menggunakan itu sebagai solusi melayani diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari dan lebih menyukai hal ini," tambah Andelson.

Tetamu hotel bebas mengklik menu-menu di iPad atau BlackBerry. Hotel-hotel yang menggunakan aplikasi ini dilaporkan mengalami peningkatan pemesanan makanan di dalam kamar sebesar 18 persen.

Dalam beberapa pekan ke depan, Intelity juga memperkenalkan aplikasi komputer tablet yang memuat menu makanan di restoran. Pelanggan akan diberikan iPad atau perangkat yang menjalakan sistem operasi Android ketika mereka masuk lewat pintu hotel. Mereka dapat menjelajah, mencari menu makanan, dan menggunakan perangkat itu selama di restoran.

Perangkat ini juga bekerja dalam acara konferensi di hotel, yang memungkinkan tamu dapat melihat acara pertemuan dan ruang pameran, chatting dengan peserta lain, serta membaca makalah para pembicara.

Ini di Amerika Serikat. Bagaimana dengan hotel-hotel di Indonesia? Mungkin boleh juga ditiru. (USA Today/KSP)

 

TERBARU
e-Business
Jumat, 30 Januari 2015 20.21 WIB
"Aneh, Sistem Komputer QZ8501 Dimatikan Bersamaan"
Internet
Gadget
Jumat, 30 Januari 2015 18.01 WIB
OPPO Siap Penuhi Order R5
e-Business
Jumat, 30 Januari 2015 17.41 WIB
Ini Rencana Pemerintah Kembangkan Industri Game
Software
Jumat, 30 Januari 2015 16.17 WIB
Ditemukan, Lubang Keamanan di Android Teraman
TERPOPULER
Rabu, 28 Januari 2015 17.02 WIB
Steve Jobs, Ramalanmu Kali Ini Meleset
Jumat, 30 Januari 2015 15.25 WIB
Sistem Komputer QZ8501 Dimatikan Sebelum Jatuh
Senin, 26 Januari 2015 11.24 WIB
Situs Berniaga.com Resmi Ditutup
Rabu, 28 Januari 2015 09.03 WIB
Bos Google Ramalkan "Kemusnahan" Internet
Selasa, 27 Januari 2015 15.36 WIB
Facebook Tumbang karena Serbuan "Kadal"?
Sabtu, 24 Januari 2015 15.16 WIB
Setelah Microsoft, Google Bongkar "Aib" Apple
Minggu, 25 Januari 2015 13.14 WIB
Asus ZenFone 2 Ada Versi Mini?