Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Layanan Kamar di Hotel Lewat iPad

Kompas.com - 22/06/2011, 19:39 WIB

KOMPAS.com — Tamu-tamu hotel di Amerika kini dapat bermain Angry Bird dan memesan layanan kamar tanpa meninggalkan iPad mereka.

Kini semakin banyak hotel di Amerika yang menyediakan komputer tablet yang populer, seperti iPad, untuk tamu di kamar mereka. Ini agar pesanan makanan dan minuman makin meningkat dan kebutuhan staf berkurang.

Sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Intelity, yang berkantor pusat di Orlando, memungkinkan tamu memesan makanan, menjelajah internet untuk mencari info soal fasilitas hotel dan atraksi di kota, memesan telepon pagi untuk membangunkan, menjadwalkan kedatangan housekeeper, mengirim pesan kepada staf hotel atau tamu lainnya, serta memesan layanan sewa mobil. Informasi penerbangan dan cuaca selama 5 hari ke depan juga ditampilkan dalam aplikasi ini.

Hotel-hotel yang menyediakan iPad umumnya hotel-hotel kelas atas yang memiliki tamu yang sering berbelanja banyak barang, antara lain The Plaza di New York, Mondrian SoHo di New York, Inn Hilton di Penn, Philadelphia, dan Royalton Hotel di New York.

Tamu-tamu hotel akan dikenakan biaya jika mereka lupa mengembalikan iPad kepada pihak hotel. Beberapa hotel menempelkan perangkat itu di atas meja untuk mencegah pencurian.

Intelity telah menjual aplikasi ini sejak dua tahun lalu hingga sekarang. Sebagian besar aplikasi ini dapat dibuka di ponsel pintar, seperti iPhone, BlackBerry, ponsel Android, yang disesuaikan dengan perangkat yang dimiliki tamu hotel.

Beberapa hotel, seperti Wyndham Hotel, menginstalasi aplikasi ini versi PC di halaman selamat datang pada layanan WiFi hotel itu.

Menurut CEO Intelity David Adelson, sekitar 380 hotel di berbagai kota di Amerika saat ini menggunakan aplikasi tersebut dan jumlahnya akan terus bertambah. Wyndham telah membuat standar merek dagang, yang berarti semua hotel diminta menyediakan perangkat dan aplikasi ini untuk para tamu hotel dalam beberapa bulan mendatang. Hal itu termasuk 90 persen hotel-hotel Wingate, merek dagang Wyndham.

"Ini semacam kendaraan yang melayani diri sendiri," kata Adelson. "Sebagian besar wisatawan menggunakan itu sebagai solusi melayani diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari dan lebih menyukai hal ini," tambah Andelson.

Tetamu hotel bebas mengklik menu-menu di iPad atau BlackBerry. Hotel-hotel yang menggunakan aplikasi ini dilaporkan mengalami peningkatan pemesanan makanan di dalam kamar sebesar 18 persen.

Dalam beberapa pekan ke depan, Intelity juga memperkenalkan aplikasi komputer tablet yang memuat menu makanan di restoran. Pelanggan akan diberikan iPad atau perangkat yang menjalakan sistem operasi Android ketika mereka masuk lewat pintu hotel. Mereka dapat menjelajah, mencari menu makanan, dan menggunakan perangkat itu selama di restoran.

Perangkat ini juga bekerja dalam acara konferensi di hotel, yang memungkinkan tamu dapat melihat acara pertemuan dan ruang pameran, chatting dengan peserta lain, serta membaca makalah para pembicara.

Ini di Amerika Serikat. Bagaimana dengan hotel-hotel di Indonesia? Mungkin boleh juga ditiru. (USA Today/KSP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com