Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis "Online", Masih Banyak yang Belum Pasti

Kompas.com - 07/07/2011, 21:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com —  Konferensi "Media Baru: Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri" digelar Kamis (7/7/2011) di Hotel Nikko, Jakarta. Salah satu yang dibahas di pertemuan itu adalah perkembangan bisnis online, terutama portal berita online.

Berbagi pengalaman, GM Kompas.com Edi Taslim mengatakan bahwa salah satu yang dipelajari ialah hingga saat ini tidak ada yang berhasil melakukan semua langkah pengelolaan perusahaan dengan benar.

"Kita masih terus bereksperimen sampai saat ini. Kalau banyak diungkapkan secara redaksi juga belum pasti, sebenarnya secara bisnis juga belum pasti. Kita masih mencari-cari sumber pendapatan baru," ujar Edi.

Edi mengungkapkan, saat ini yang dialami portal berita online adalah penurunan pengunjung di halaman depan. Semakin banyak orang memanfaatkan search engine atau link dari media sosial. "Kalau mau baca berita, langsung lewat Google, muncul beberapa dan langsung klik ke beritanya. Sekarang juga ada link dari media sosial, jadi orang juga langsung masuk ke berita yang ingin dibaca," papar Edi.

Jika terjadi terus-menerus, hal tersebut bisa mengubah pola bisnis. "Sekarang welcome page itu menopang 70 persen dari pendapatan kita. Bayangkan kalau perubahan terjadi," ujar Edi.

Dunia digital, menurut Edi, sangat dinamis dan banyak yang tak pasti. Salah satu tantangannya adalah mengikuti kedinamisan dan meyakinkan CFO tentang perubahan dan terkait dengan business plan. Menurut Edi, komitmen pimpinan menjadi hal terpenting untuk bisa mempertahankan bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com