Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wayang Anak di Perayaan Dewi Kwan Im

Kompas.com - 19/07/2011, 15:22 WIB

PAMEKASAN, KOMPAS.com--Pementasan wayang anak berasal dari Ngawi, Jawa Timur memeriahkan perayaan Dewi Kwan Im di Vihara Avalokitesvara, Desa Polagan, Kecamatan Galis, Pamekasan, Madura, Senin (18/7) malam.

Ketua Yayasan Vihara Avalokitesvara, Kosala Mahinda, mengatakan, pementasan wayang anak dari sanggar seni "Mastuti Budaya" pimpinan Sukadi Sasmito Adji itu rangkaian peringatan Dewi Kwan Im mencapai kesempurnaan.

"Selain untuk memeriahkan perayaan Dewi Kwan Im, pementasan wayang ini juga dimaksudkan agar menjadi motivasi kepada anak-anak di Madura untuk melestarikan dan mempelajari kesenian tradisional yang ada di Madura ini," katanya.

Sebab, katanya, di Madura sedikit generasi muda ingin mempelajari kesenian tradisional yang juga warisan para leluhurnya.

Pementasan wayang anak dengan dalang Dimas Bayu Saputra, siswa kelas II SMPN Bringin Ngawi itu menampilkan lakon "Gatotkoco Jadi".

"Lakon ’Gatotkoco Jadi’ ini mengisahkan bahwa proses kepemimpinan harus diperjuangkan dengan gigih dan pemimpin memang merupakan pilihan," katanya usai pementasan itu.

Pementasan dengan dalang anak itu digelar pada sesi pertama, dalam pergelaran wayang kulit semalam suntuk di Vihara Avalokitesvara, Pamekasan.

Lakon wayang anak itu selama dua jam, yakni mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Pada sesi kedua oleh kelompok tua dari sanggar seni yang sama dengan dalang Ki Sukadi Sasmito Adji.

Meski masih tergolong bocah dan duduk di bangku kelas II SMP, penampilan dalang cilik di wihara terbesar di Madura itu mampu menyedot perhatian warga yang hadir menyaksikan pergelaran wayang tersebut.

Mereka terlihat kagum dengan kemampuan Dimas memainkan wayang dengan lakon itu.

Para penabuh gamelan dan lima sinden juga anak-anak yang masih duduk di bangku SMP.

Dalang Dimas Bayu Saputra peraih juara dalam festival dalang cilik yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim pada 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com