Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Tambah BTS Ramah Lingkungan dan Kota Broadband

Kompas.com - 22/07/2011, 13:50 WIB

SHENZHEN, KOMPAS.com - Telkomsel menargetkan penambahan jumlah penerima dan pengirim sinyal telekomunikasi (BTS) ramah lingkungan dan kota berakses internet kecepatan tinggi (broadband) pada 2011.

Demikian diutarakan oleh General Manager Corporate Communication Telkomsel Ricardo Indra dan General Manager Strategic Technology Planning Telkomsel Pratignyo A Budiman saat kunjungan ke kantor pusat perusahaan telekomunikasi Huawei di Shenzhen, China, Jumat (22/7/2011) siang.

Pratignyo memaparkan, Telkomsel telah membangun 38.000 BTS sampai akhir 2010. Sebanyak 250 BTS di antaranya bisa dikategorikan ramah lingkungan sebab memakai energi dari panel surya dan mikrohidro.

"Jumlah akan kami tambah menjadi tiga ratus BTS dengan target selesai tahun ini," kata Pratignyo.

Adapun soal kota broadband, menurut Ricardo, Telkomsel berencana menambah jumlahnya dari 25 kota pada 2010 menjadi 40 kota pada akhir 2011.

Adapun sejumlah ibu kota yang dikategorikan broadband sebab sudah mengaplikasikan teknologi 3G ialah Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Batam, Padang, Bandar Lampung (Sumatera), Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Mataram, Banjarmasin, Palangkaraya, Manado, dan Makassar.

"Kami akan tambah lima belas kota lagi dan kota yang dipilih berdasarkan tingginya penggunaan internet," kata Ricardo. (Ambrosius Harto, wartawan KOMPAS melaporkan  dari Shenzhen) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com