Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Produksi 1 Miliar Kartrid Tinta Daur Ulang

Kompas.com - 01/08/2011, 14:08 WIB

DA NANG, KOMPAS.com - Hewlett Packard (HP) mengumumkan pencapaian produksi 1 miliar kartrid tinta berbahan plastik daur ulang kartrid HP bekas. Hewlett Packard, Rabu (27/7) lalu sekaligus mengumumkan untuk mengembangkan kolaborasi dengan grup Lav ergne, perusahaan daur ulang plastik.

Kolaborasi kedua pihak diperluas dengan pembangunan fasilitas industri daur ulang plastik Lavergne di Da Nang, Vietnam. Ini merupakan kelanjutan dari pencapaian produksi 1 miliar kartrid tinta HP menggunakan bahan plastik hasil daur ulang kartrid HP dengan sistem "siklus tertutup".

"Tahun ini HP mencatat prestasi sig nifikan berupa produksi 1 miliar kartrid tinta HP Original hasil proses daur ulang kartrid HP bekas dengan siklus tertutup," ujar Annuka Dickens, Head of Enviromental Management, HP Asia Pasific and Japan kepada pers di Da Nang, Vietnam.

Kerja sama raksasa industri komputer dan printer HP dengan Grup Lave rgne merupakan puncak kemitraan yang sudah dijalin selama 12 tahun yang difokuskan pada pengembangan solusi daur ulang plastik siklus tertutup yang memenuhi standar tinggi kartrid tinta HP original. Ekspansi Lave rgne di Vietnam memberi HP kapasitas tambahan untuk meningkatkan volume plastik daur ulang siklus tertutup yang digunakan dalam produksi kartrid HP Original.

"Kami sangat antusias dengan kolaborasi bersama Lave rgne dalam inisiatif daur ulang Kartrid dengan konsep siklus tertutup yang akan membantu konsumen tinta HP Original mengurangi dampak lingkungan" ungkap Anukka

Proses daur ulang siklus tertutup ini menggabungkan plastik bekas kartrid tinta HP original yang telah habis dikonsumsi dengan bahan plastik daur ulang lain seperti botol air mineral. Pada kartrid yang menggunakan bahan daur ulang, sebanyak 70 persen materialnya terbuat dari bahan hasil daur ulang. (Erwin Edhi Prasetyo, wartawan KOMPAS melaporkan dari Vietnam).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com