Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sparx Up Awards 2011 Bidik Inovasi Orisinal

Kompas.com - 11/08/2011, 17:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah meraih kesuksesan di tahun 2010 lalu, Sparx Up Awards kembali hadir di tahun ini untuk terus mengembangkan dan meningkatkan ekosistem dunia digital di Indonesia.

Tahun ini, Sparx Up Awards mengambil tema "Innovate or Die". Hal ini untuk menanggapi banyaknya start up lokal yang melakukan kloning atau meniru situs dari luar negeri, yang dalam jangka panjang akan mengakibatkan tidak sehatnya perkembangan dunia digital di Tanah Air. Adapun hal kurang baik lainnya seperti kurang memikirkan kelangsungan situs jangka panjang dan beberapa pemilik situs hanya berniat untuk menjual kepemilikan situsnya saja. Ini semua sangat disayangkan karena potensi yang dimiliki start up lokal sangat besar.

Tema "Innovate or Die" di buat untuk mendorong para start up dalam lebih memaksimalkan potensi yang dimiliki dan membangun ciri khas pasar lokal serta memikirkan model bisnis dalam jangka panjang yang meskipun tanpa investor akan terus bisa bertahan dan tetap meraih sukses. Sparx Up Awards hadir untuk memberikan apresiasi kepada para start up di Indonesia.

Pendaftaran Sparx Up Awards 2011 telah dibuka untuk start up lokal mulai tanggal 1 Agustus 2011 dan ditutup tanggal 2 Oktober 2011. Selanjutnya penjurian secara online akan dimulai dan pengumuman pemenang akan dilakukan di tanggal 21 Oktober 2011.

Juri terdiri dari para pemain digital yang berpengalaman untuk memberikan penilaian kepada Start Up lokal dalam acara Sparx Up Awards. Para juri terdiri dari Amalia E. Maulana, Andi S.Boediman, Andrew Darwis, Andy Zain, Antonny Liem, Aulia Masna, Edi Taslim, Fajar Budi Prasetyo, Handono Warih, Jerry S. Justianto, Marlin Sugama, Nanda Ivens, Nukman Luthfie, Steve Christian dan Wicaksono Hidayat.

Rangkul komunitas

Dalam rangka memaksimalkan program ini, akan diadakan serangkaian kegiatan seperti roadshow ke kampus dan komunitas digital serta seminar rutin setiap bulan setelah pengumuman pemenang. Acara ini akan diadakan secara online dan offline juga akan dihadiri oleh para pelaku media, praktisi digital dan para blogger.

Puncak acara Sparx Up pada malam penghargaan akan diisi dengan talkshow dari webpreneur, Pameran situs dari para finalis, hiburan dan pengumumam pemenang.  Tahun ini akan diadakan sesi "Reserve Pitch" yang didedikasikan untuk para start up lokal. "Reserve Pitch" hadir untuk menjelaskan tentang Venture Capital/Inkubasi dan semua informasi tentang para investor seperti alasan mengapa mereka melakukan investasi kepada para start up lokal, hal-hal yang menjadi pertimbangan, halangan serta keunggulan yang dicari dan bagaimana cara menginterpretasikannya.

Sparx Up juga mengadakan road show ke kampus-kampus yang dianggap sebagai komunitas Sparx Up dan sebagai media komunikasi verbal. Program ini juga di dukung para komunitas seperti Fresh dan Startup Lokal di Jakarta, FOWAB (Forum Web Anak Bandung) di Bandung, BANCAKAN 2.0 di Yogyakarta, SUWEC (Surabaya Web Komunitas) di Surabaya serta Subali (Startup Bali) di Bali .

Sparx Up seminar akan diadakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Jogyakarta dan Surabaya. Acara ini akan di hadiri oleh para pemenang Sparx Up dan Ahli Digital.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com