Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kapitalisasi Pasar

Apple Jadi Perusahaan Terbesar di Dunia

Kompas.com - 12/08/2011, 06:24 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Tidak hanya menjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple Inc akhirnya sempat juga mengukuhkan diri menjadi perusahaan terbesar di dunia. Pada hari Selasa (9/8/2011), untuk pertama kalinya kapitalisasi pasar Apple Inc melewati Exxon Mobil Inc yang selama ini selalu duduk di puncak.

Saham Apple naik 6,1 persen menjadi 374,61 dollar AS per saham. Berkat kenaikan harga saham itu pula, kapitalisasi Apple menjadi 347,3 miliar dollar AS.

Namun, hal terseut tak berlangsung lama karena Exxon mengamankan posisi teratasnya pada akhir sesi. Hingga penutupan perdagangan, Rabu, saham Exxon naik 2,1 persen dengan nilai perusahaan 348,3 miliar dollar AS. Sementara Apple 346,7 miliar dollar AS.

Sepanjang tahun 2011 ini, saham Apple mengalami kenaikan hingga 16 persen. Kenaikan ini didorong oleh penjualan iPad dan iPhone serta perkembangan bisnis di China.

Dengan pamornya kini, Apple berhasil mengungguli Microsoft Corp, International Business Machines Corp (IBM), dan Intel Corp yang mendominasi industri teknologi pada era tahun 1990-an. (Kontan/Handoyo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com