Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikuasai Google, Direksi Motorola Mundur

Kompas.com - 22/08/2011, 20:46 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Akuisisi Motorola Mobility oleh Google Inc membuat salah satu direksi Motorola Mobility, William R Hambrecht, memilih mundur. Walaupun demikian, mundurnya Hambrecht dari dewan direksi tak akan mengubah kesepakatan pembelian senilai 12,5 miliar dollar AS tersebut.

Ia adalah salah satu tokoh kunci transisi Motorloa saat dipecah menjadi dua bagian. Saat menjadi direksi Motorola, dia turut berkontribusi mendorong spin off Motorola untuk mempercepat pertumbuhan divisi pembuatan telepon seluler.

"Hambrecht memainkan peran penting dalam pemisahan Motorola menjadi dua perusahaan publik yang diperdagangkan secara independen," kata Sanjay Jha, Chief Excutive Officer (CEO) Motorola Mobility seperti dikutip Wall Strett Journal.

Di samping itu, menurut Jha, Hambrecht juga berjasa dalam pencapaian kesepakatan terbaru dengan Google. Hambrecht kini berusia 76 tahun. Dia adalah pendiri bank investasi Hambrecht & Quist.

Bulan lalu, Motorola mengumumkan pendapatan mereka naik sebesar 28 persen pada kuartal kedua tahun ini. Kenaikan pendapatan berasal dari penjualan PC tablet yang semakin menguat. Namun, pada kuartal ketiga ini diperkirakan pendapatan Motorola bakal menurun karena keterlambatan peluncuran perangkat 4G.

Akuisisi Motorola memang menjadi momen yang ditunggu oleh Google. Pasalnya, pengembang sistem operasi Android ini memang menginginkan hak paten yang dimiliki Motorola untuk memperkuat platform Android.(Kontan/Fahriyadi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com