Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagi Inspirasi Lewat Blog dan Kompetisi

Kompas.com - 24/08/2011, 13:58 WIB

KOMPAS.com - Perempuan senang berbagi pengalaman dan pengetahuan. Selain melalui obrolan temu muka, perempuan masa kini juga memanfaatkan media sosial, termasuk blog untuk saling memberikan inspirasi. Blog tak sekadar menjadi wadah menuangkan ekspresi bagi perempuan. Blog juga memfasilitasi perempuan untuk berjejaring, apalagi kini semakin banyak komunitas blogger yang tak hanya bersua di dunia maya, namun juga tatap muka.

Caring Career
Merespons kebutuhan perempuan untuk ngeblog, Caring Colours Martha Tilaar mengembangkan website-nya, dengan meluncurkan kanal Caring Career. Melalui Caring Career, perempuan muda terutama mereka yang berkarier bisa "mencuri" ilmu dari para pakar seperti CareerCoach Rene Suhardono, juga bicara kecantikan dengan Wulan Tilaar dan fashion dengan Era Soekamto.

Artikel inspiratif juga ditayangkan untuk memuaskan keingintahuan perempuan dalam meningkatkan kapasitas dan potensi dirinya. Tak ketinggalan, tips kecantikan terutama tata rias yang menunjang karier, serta cara menyeimbangkan karier dan kehidupan personal. Kanal ini juga berisi kisah inspiratif dari blog para pemenang Young Caring Professional Award (YCPA). Para perempuan bisa berbagi informasi, pengetahuan, pengalaman dari perempuan muda pemenang YCPA yang dituangkan dalam blog.

Menurut Kilala Tilaar, Deputy Marketing Director PT Martina Berto, blog menjadi "rumahnya" perempuan untuk membuat gerakan. Saling memberikan inspirasi. Saling tergerak untuk melakukan perubahan, baik untuk dirinya mau pun orang lain.

"Martha Tilaar, perannya, memfasilitasi perempuan melalui blog juga temu muka langsung dengan komunitas online Caring Colours. Para perempuan di awal karier ini perlu saling memberdayakan. Dengan begitu mereka tak hanya sekadar bekerja, namun memiliki visi dan tujuan dalam hidupnya. Melalui komunitas online, juga blog, para perempuan bisa membangun sisterhood, saling berbagi, dan membangun jejaring yang memberdayakan seluruh perempuan," tutur Kilala kepada Kompas Female di sela kegiatan Caring Colours Ngabuburit bersama CaringLova dan blogger Kompasiana, di Pisa Cafe Menteng, Jakarta, Senin (22/8/2011) lalu.

Pria yang akrab disapa Kiki ini melanjutkan, komunitas online Caring Colours membuktikan kekuatan blog dan media sosial dalam memberdayakan perempuan. Anggota komunitas online Caring Colours, atau CaringLova, menggelar kegiatan mandiri dengan mengajak para perempuan untuk berbagi.

"CaringLova berinisiatif menghibur anak-anak penderita kanker di RS Dharmais. Mereka datang menghibur anak-anak penderita kanker dengan keahlian masing-masing. Pernah juga mereka membuat acara memberikan makeover dan pijat gratis untuk ibu rumah tangga," tutur Kiki, menambahkan komunitas online juga bisa merangsang perempuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Melalui Caring Career, Kiki berharap perempuan bisa saling memotivasi dan terinspirasi untuk mengembangkan dirinya dan orang lain. Menulis di blog bisa menjadi salah satu cara mengembangkan diri.

Untuk membantu perempuan berkarier dalam menulis blog, komunitas online ini juga mengadakan workshop menulis, termasuk membuat blog dengan mendatangkan blogger juga wartawan senior. Sepanjang 2011, Caring Colours mengadakan workshop sebanyak tiga kali.

Desi Aryani (27), CaringLova yang berkarier di bidang advertising, mengaku tertarik menulis blog setelah mengikuti workshop ini. "Sempat ikut workshop menulis blog, dan jadi semakin ingin belajar blog dan mulai menulisnya," kata perempuan yang mengaku tak lolos seleksi saat mendaftarkan diri mengikuti ajang YCPA 2011 ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com