Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet ThinkPad Sasar Kalangan Profesional

Kompas.com - 24/08/2011, 14:19 WIB

KOMPAS.com - Hanya berselang hari setelah HP memutuskan akan menghentikan produksi perangkat keras termasuk tablet TouchPad, Lenovo malah sebaliknya. Produsen PC dari China yang membeli divisi personal computing IBM pada 2005 itu malah merilis tablet pertama bermerek ThinkPad.

Tablet berlayar 10,1 inci tersebut menggunakan sistem operasi Android. Sesuai merek yang diusungnya, produk tersebut ditujukan untuk pasar profesional, bukan untuk pasar konsumer. Thinkpad adalah merek terkemuka untuk produk kalangan bisnis yang diambil alih dari IBM seiring akuisisi oleh Lenovo enam tahun lalu.

Beberapa aplikasi untuk kebutuhan bisnis telah ditanamkan di dalamnya. Antara lain Documents to Go dari Dataviz untuk mengolah file-file dokumen Microsoft Office. Juga sudah ada software Good for Enterprise bagi para manajer IT untuk mengelola email kantor lebih aman dan mengatur aplikasi secara remote ke perangkat-perangkat tersebut.

Perangkat tersebut juga dapat disinkronisasi dengan PC lewat USB port atau Bluetooth. Tablet Thinkpad ini juga mendukung Citrix Receiver sehingga pengguna dapat mengakses aplikasi di PC dari jarak jauh atau luar kantor dari tablet miliknya.

Dibanding HP TouchPad yang menggunakan WebOS, tablet ThinkPad dari Lenovo ini lebih terlihat fokus untuk kebutuhan para profesional. Namun, bentuknya tak seramping iPad. Slot-slot yang digunakan pun berukuran penuh seperti port USB, mini HDMI, dan SD Card. tersedia docking keyboard untuk diubah mirip notebook dan docking khusus untuk digunakan sebagai media membuat ilustrasi.

Seperti beberapa tablet Android lainnya, prosesor yang digunakan adalah Nvidia Tegra. Layaranya tahan bating dari Corning Gorilla dan menggunakan teknologi IPS dengan sudut penglihatan hingga 178 derajat. Lenovo mengklaim kemampuan baterainya tahan hingga 8 jam jika digunakan untuk akses lewat WiFi.

Saat ini, tablet pertama ThinkPad ini belum tersedia di pasar. Bahkan pemesanan pun belum dibuka. Namun, Lenovo akan merilis tiga model dengan mematok harga masing-masing 499 dollar AS untuk versi 16 GB, 569 dollar AS untuk 32 GB, dan 669 dollar AS untuk 64 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com