Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Jadikan Chrome sebagai "Market Place"

Kompas.com - 14/09/2011, 17:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Google Inc menggarap pasar e-commerce di Indonesia benar-benar diwujudkan dengan menggelar kampanye pertama di Indonesia. Raksasa mesin pencari virtual itu mengkampanyekan Chrome, mesin perambah internet yang diluncurkan sejak tiga tahun silam.

Google Chrome sendiri merupakan mesin perambah open source yang ditawarkan secara gratis. Henky Prihatna, Konsultan Google Indonesia, mengatakan, Chrome memungkinkan Google menjangkau pengguna komputer dan handset lebih luas lagi.

"Chrome akan terkoneksi dengan application market, jadi banyak pihak bisa memanfaatkan Chrome sebagai market place," ujar Henky, Selasa (13/9/2011) di Jakarta. Pada akhirnya, hal ini akan mendongkrak pengguna Google.

Sebelum mengkampanyekan Chrome, Maret lalu Google pun melansir mesin pencari Google Voice Search bahasa Indonesia dan merilis Google Traffic pada bulan April.

Juli silam Eric E Schmidt, Executive Chairman Google pun telah menemui Wakil Presiden Boediono untuk membicarakan rencana investasi di Indonesia dalam bidang platform usaha kecil menengah (UKM). Yopie Hidayat, Juru Bicara Wapres, pernah mengatakan, Google berencana investasi sekitar 100 juta dollar AS.

Sayang, Henky enggan berkomentar soal proses investasi ini. Yang jelas menurutnya populasi Indonesia yang mencapai 240 juta jiwa menjadi potensi besar bagi perkembangan pengguna internet. Myriam Boublil, Kepala Komunikasi Google Asia Tenggara pun mengamini hal itu. "Pengguna internet di Asia Tenggara paling pesat di Asia Pasifik," katanya.(Kontan/Gloria Haraito)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com