Tombol "Subscribe" Facebook, Saingi Twitter - Kompas.com

Tombol "Subscribe" Facebook, Saingi Twitter

Kompas.com - 16/09/2011, 20:13 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang menyukai Twitter karena sisi kepraktisannya dibandingkan Facebook. Dalam Facebook, jika Anda menerima permintaan pertemanan dari seseorang, maka secara otomatis Anda akan bisa mendapatkan semua update statusnya, begitu pula sebaliknya. Namun, dalam Twitter, jika Anda tidak follow seseorang, maka Anda tidak akan melihat status atau tweet seseorang meskipun ia mem-follow Anda.

Kelemahan Facebook adalah jika anda ingin mengikuti status selebritis, Anda harus mengirimkan permintaan pertemanan. Jika permintaan diabaikan, Anda tak akan bisa mendapat update status dari selebritis tersebut. Namun, kini Facebook berubah. Situs jejaring sosial dengan pengguna terbesar ini membuat sebuah fitur yang mirip Twitter.

Fitur tersebut bernama Subscribe. Tombol Subscribe sudah tersedia secara bertahap sehingga setiap pengguna Facebook bisa menggunakan tombol tersebut. Subscribe adalah layanan yang membantu pengguna untuk tetap mendapatkan update status dari seseorang meskipun tidak menjadi teman di Facebook. Coba klik link berikut http://www.facebook.com/about/subscribe lalu klik tulisan "allow subscriber" dan isi formulir yang muncul.

Akan ada pertanyaan apakah Anda mengizinkan orang lain menjadi subscriber Anda, jika ya, pilih on. Lalu ada pertanyaan apakah Anda mengizinkan subsriber Anda mengirimkan komentar, jika iya, pilih on. Lalu klik okay, maka siapapun akan bisa mendapatkan update status Anda tanpa harus menjadi teman di Facebook. Orang lain yang belum menjadi teman di Facebook bisa memilih tombol subscriber ini apabila permintaan pertemanannya diabaikan oleh Anda.

"Sekarang Anda dapat mengetahui informasi dari wartawan, selebritis, dan tokoh politik, dan orang lain juga. Klik tombol Subscribe pada profil seseorang untuk mendapatkan update publik mereka di News Feed Anda," ujar Facebook seperti dikutip situs Telegraph.

Tombol baru Subscriber ini akan muncul di setiap halaman pengguna Facebook, di samping kanan pesan dan penambahan teman. Tombol ini memungkinkan semua orang berlangganan update publik dari orang-orang yang diinginkan. Sebaliknya, status Anda juga bisa dibaca orang lain di seluruh dunia tanpa harus berteman dengan subscriber Anda.

Langkah ini dilihat oleh para ahli sebagai tantangan langsung ke Twitter dan upaya membuat lebih banyak orang berbagi sejumlah besar informasi publik, bukan hanya dengan teman-teman mereka. Menariknya, ketika pengguna Facebook mengirimkan permintaan pertemanan untuk orang lain, kini mereka otomatis menjadi subscriber update status pengguna, tanpa harus klik tombol Subscribe lagi.

Pada 2 September 2011 nanti Facebook dikabarkan juga akan mengumumkan layanan musik digital dalam kemitraan dengan Spotify dan Mog. Kita lihat apa lagi yang akan dilakukan Facebook untuk memberikan layanan bagi ratusan juta pengguna aktifnya.

EditorTri Wahono
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM