Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surfing Efektif Menggunakan Ekstensi Opera

Kompas.com - 22/09/2011, 13:41 WIB

KOMPAS.com - Banjir informasi adalah salah satu konsekuensi bagi para pengguna internet. Tak jarang, mereka mengalami stres karena digelontor ribuan informasi setiap hari baik email, berita, notifikasi, atau informasi lainnya.

Seorang teman bercerita, email pribadinya pernah disesaki 1.700 pesan yang belum terbaca saat kembali dari liburan. Pada kondisi normal pun, Anda pun bisa dijejali ratusan jenis informasi di internet setiap hari. Alhasil, dapat dibayangkan berapa lama waktu yang harus dihabiskan untuk mengakses informasi melalu internet.

Bagi mereka yang sibuk, kehilangan waktu karena kebanjiran informasi tentu harus dihindari. Untuk itu, dibutuhkan trik dan cara tepat menggunakan fasilitas browser agar mengakses informasi efisien dan efektif.

Khusus bagi Anda pengguna Opera desktop browser, memanfaatkan ekstensi (extension) serta beberapa fitur lainnya dapat menjadi solusi agar berselancar di internet menjadi lebih efektif.

Berikut ini adalah tujuh cara untuk memudahkan dan memaksimalkan Opera pada desktop Anda:

1. Gunakan ekstensi pengingat

Saat sibuk berinternet, terkadang Anda bisa melupakan hal-hal kecil, seperti janji bertemu dengan atasan atau melakukan tugas-tugas penting lainnya. Opera menyediakan ektensi 'Simple TODO Manager' yang dapat membantu Anda mengingat tugas yang perlu dilakukan. Ekstensi ini dapat diunduh dan langsung diinstall lewat link berikut: https://addons.opera.com/addons/extensions/details/simple-todo-manager/

2. Ekstensi "To Read Sites"

Bila Anda kebetulan tak punya waktu membaca suatu laman penting secara lengkap tetapi tak ingin melewatkannya, Opera menyediakan ekstensi To Read Sites. Ini sangat berguna untuk mengingat dan membuka kembali laman yang pernah Anda baca.  Anda juga sebenarnya bisa melakukan "bookmark" pada tiap laman, tetapi cara ini tampaknya kurang efektif karena bisa menyita cukup banyak waktu. Ekstensi To-Read dapat diunduh di link berikut: https://addons.opera.com/addons/extensions/details/to-read-sites/

3.  Pengingat password

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com