Layanan BlackBerry di Tiga Benua Tumbang

KOMPAS.com — Layanan BlackBerry beberapa negara di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika Utara tidak dapat digunakan oleh para penggunanya. Masalah ini mulai dirasakan di tiga benua tersebut sejak Senin (10/10/2011) pukul 09.00 waktu setempat.

Pengguna Twitter di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika Utara telah melaporkan masalah ini dengan membanjiri timeline dengan tweet keluh kesah mereka.

Saat ini, layanan seperti BlackBerry Messenger (BBM), e-mail, dan layanan internet lainnya sementara tidak dapat digunakan oleh sebagian besar pengguna di tiga benua tersebut.

Di Inggris, operator T-Mobile menyatakan, pelanggan mereka menemui kesulitan untuk mengirim dan menerima pesan via BBM. "Kami masih menyelidiki masalah ini bersama RIM dan berharap masalah ini dapat segera teratasi," kata perwakilan dari T-Mobile.

Operator BlackBerry di Uni Emirat Arab pun telah mengonfirmasi masalah ini melalui pesan di akun Twitter mereka, "We received updates from RIM confirming BB services in Europe, ME & Africa are affected starting 09:19 GMT today & degradation is ongoing."

Beberapa operator lain pun sudah mengonfirmasi masalah ini. Mereka sepertinya "kompak" menyalahkan RIM untuk masalah kali ini. Belum ada pernyataan resmi dari RIM mengenai penyebab terhentinya layanan BlackBerry di tiga benua tersebut.

Apakah masalah ini akan merembet ke Asia, khususnya Indonesia? Febriati Nadira, Head of Corporate Communication XL yang dihubungi Kompas.com, mengatakan, "Sampai saat ini belum ada dampak terhadap layanan XL."

Sementara pihak dari Telkomsel menyatakan masih melakukan pengecekan apakah ada laporan gangguan.

Editor: A. Wisnubrata

 

TERBARU
Gadget
Kamis, 30 Juli 2015 16.43 WIB
Diuji, Jepretan Moto X Lebih Bagus dari iPhone 6
e-Business
Software
Kamis, 30 Juli 2015 15.58 WIB
Windows 10 Punya Fitur untuk "Orang Kesepian"
Software
Kamis, 30 Juli 2015 15.00 WIB
"Angry Birds 2" Sudah Bisa Diunduh di Android
Gadget