Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opera Mini/Mobile Baru Sediakan Informasi "Data Usage"

Kompas.com - 12/10/2011, 06:08 WIB

OSLO, KOMPAS.com - Perusahaan peramban web terkemuka, Opera, meluncurkan versi terbaru mobile browser mereka yakni Opera Mini 6.5 dan Opera Mobile 11.5 dalam event bertajuk "Up North Web" 2011 di Holmenkollen, Oslo Norwegia, Selasa (11/10/2011) waktu setempat. Versi terbaru kedua browser tersebut sudah dapat diunduh secara gratis, khusus bagi para pengguna ponsel Android melalui m.opera.com. Sedangkan untuk platform lainnya akan segera hadir dalam beberapa hari ke depan.

Ada fitur penting yang dapat ditemukan dari kedua browser terbaru ini. Salah satu di antaranya adalah sistem yang memudahkan pengguna melacak besarnya pemakaian data (data usage) saat membuka suatu halaman web. Bukan rahasia lagi kalau urusan hemat-menghemat data adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan Opera Mini dan Opera Mobile. Dengan informasi data usage, ini, kini pengguna dapat mengetahui berapa besar data yang dihemat atau diperkecil oleh server Opera dari halaman web aslinya.

"Berapa besar data yang Anda gunakan mungkin tidak penting untuk yang di rumah. Tetapi ini akan penting bagi pengguna tablet atau perangkat mobile dengan kartu SIM, atau jika Anda bepergian ke luar negeri dan tak punya pilihan fitur roaming yang murah," ungkap Chief Development Officer Opera Christen Krogh.

Kedua browser terbaru ini juga hadir dengan perbaikan dari versi sebelumnya seperti mesin rendering Presto versi terbaru, peningkatan kemampuan jaringan, dukungan HTML5 mikro data serta penghematan memori untuk pemakaian JavaScript. Khusus pada versi terbaru Opera Mobile, kini juga sudah mendukung inline video pada Honeycomb.

Selain itu, Opera Mini dan Opera Mobile terbaru lebih terintegrasi dengan sistem operasi Android. Pengguna kini dapat mengimpor "bookmarks" dari browser bawaan Android serta membuat "shortcut" dengan satu langkah untuk halaman-halaman web yang paling sering diakses, sehingga penggunaan setiap hari menjadi sangat mudah.

Dalam event tahunan yang kali ini mengambil tema Web EveryWhere tersebut, Opera juga mengklaim bahwa kini pengguna browser mobile mereka telah mencapai sekitar 140 juta. Para pengguna Opera memakai lebih dari 12 petabytes data (satu petabyte sama dengan 1.024 terabytes) dan lebih dari 80 juta halaman web setiap bulannya.(Laporan langsung dari Oslo, Norwegia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com