Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Apple

Update iOS 5 Masih Bermasalah

Kompas.com - 15/10/2011, 14:24 WIB

KOMPAS.com – Sistem operasi mobile Apple terbaru,  iOS 5 yang menjanjikan lebih dari 200 fitur baru sangat menarik perhatian pengguna produk Apple untuk melakukan update. Namun, sistem verifikasi dan aktivasi pada proses update justru masih mengalami gangguan. "Error 3200" Apple iOS 5 bahkan menjadi trending topic dunia di Twitter tiga hari lalu (12/10/2011).  

Di antara pengguna produk Apple yang ingin melakukan update perangkat lunaknya, mungkin ada yang merasakan hal yang dirasakan oleh pengguna lain di seluruh dunia. "Error 3200" akan muncul dan memberitahukan bahwa update dinyatakan gagal untuk sementara, meskipun proses update sudah berjalan 90 persen.

Hingga kini Apple belum memberikan tanggapan mengenai gangguan tersebut. Seperti dikutip dari TechCrunch, para pengguna produk Apple baru bisa melakukan update setelah mengulang verifikasi selama lima hingga sepuluh kali. Bahkan ada yang mencoba hingga puluhan kali.

“Kemungkinan karena trafik sedang meningkat dan Apple baru bisa menangani setengahnya,” ujar Jay Freeman, atau yang biasa disapa Saurik, seorang jailbreaker iPhone dan pencipta dari toko aplikasi Cydia untuk iPhone.

Seperti laporan-laporan warga yang dikutip dari TechCrunch, masalah sepertinya berpusat pada server aktivasi, bukan server download. Namun, tetap saja, jika masalahnya terdapat pada server, maka Apple harus segera memperbaiki lalu lintas pada server mengingat iOS 5 juga menawarkan server berbasis iCloud. Dengan menggandeng mayor venture Mobile Me, Apple diharapkan sudah lebih siap melayani lonjakan trafik pada server-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com