Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubuntu Bersiap Masuk ke Smartphone, Tablet, dan Smart TV

Kompas.com - 31/10/2011, 15:48 WIB

KOMPAS.com - Ubuntu lebih dikenal orang sebagai sistem operasi berbasis Linux untuk digunakan di PC atau laptop. Namun mulai tahun depan, Ubuntu akan dapat Anda jumpai di perangkat lain, seperti smartphone, tablet, dan smart TV.

Pengumuman resmi rencana masa depan Ubuntu ini sebenarnya baru akan dilakukan di acara Ubuntu Developer Summit yang berlangsung mulai besok (1/11/2011) di Orlando, AS. Namun, informasi ini justru "bocor" langsung dari Mark Shuttleworth, pendiri Canonical, perusahaan di balik disro Linux Ubuntu, saat diwawancara oleh jurnalis dari ZDnet.

Mark mengatakan, rencana jangka pendek Ubuntu adalah merancang Ubuntu 12.04 (yang dirilis bulan April 2012) sestabil mungkin dan melengkapinya dengan antarmuka dekstop Unity, sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan penggunanya. Setelah itu, baru Canonical akan berekspansi dari komputer desktop Linux ke seluruh jenis perangkat komputasi (computing device).

"Ini merupakan ekspansi alamiah yang sejalan dengan misi Ubuntu sebagai Linux untuk seluruh umat manusia. Semua orang akan beralih dari desktop ke media komputasi baru, oleh karena itu penting untuk kami mendekat ke komunitas yang menggunakan media baru ini. Jadi, kami akan mengambil tantangan menerapkan Ubuntu di smartphone, tablet, dan televisi pintar," ujar Mark menambahkan.

Rencana Ubuntu ini tentu akan meramaikan persaingan antarsistem operasi mobile yang saat ini masih berkutat antara (Google) Android, Windows Phone, dan (Apple) iOS.

Sayangnya, rencana Ubuntu ini tak akan terlaksana dalam waktu dekat. Mark Shuttleworth mengatakan Ubuntu untuk perangkat mobile dan televisi ini baru akan tersedia pada bulan April 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com