Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Hentikan TouchPad, HP Akan Jual WebOS

Kompas.com - 08/11/2011, 18:20 WIB

KOMPAS.com - Bulan Agustus lalu, Hewlett Packard (HP) memutuskan menghentikan produksi tablet PC, Touchpad yang menggunakan sistem operasi webOS. Setelah pengumuman penghentian itu, tidak jelas bagaimana masa depan webOS yang dibeli HP dari Palm.

Rumor yang beredar, HP akan "mematikan" webOS begitu saja, karena dianggap tidak akan mampu bersaing dengan Apple iOS dan (Google) Android. Namun, berita terakhir menyebutkan HP sedang menawarkan webOS ke beberapa vendor lain. Beberapa vendor yang dikabarkan tertarik membeli webOS, antara lain Amazon, RIM, IBM, Oracle, dan Intel.

Seperti yang dikutip dari TheNextWeb, penjualan ini hanya bernilai ratusan juta dolar AS, yang jelas tidak akan menutup uang yang dikeluarkan HP untuk Palm sebesar 1,2 miliar dolar.

Beberapa analis menyebutkan, tujuan HP membeli webOS sebenarnya hanyalah untuk mengambil paten-paten yang ada di webOS. Setelah "melucuti" patennya, HP akan menjual WebOS ke vendor lain. Praktek pembelian sebuah perusahaan untuk mengambil patennya sudah menjadi hal yang umum di industri teknologi informasi saat ini.

HP membeli webOS dari Palm pada April 2010, saat itu mereka menjanjikan akan mengembangkan platform webOS pada perangkat smartphone, tablet, dan printer. Perangkat pertama HP yang menggunakan webOS adalah tablet PC, HP TouchPad. Namun, ternyata penjualan Touchpad sangat buruk, meski HP sempat beberapa kali memotong harganya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com