Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android, Juara OS "Smartphone" di Asia Tenggara

Kompas.com - 10/11/2011, 17:25 WIB

KOMPAS.com — Industri smartphone di Asia Tenggara terus melaju tanpa henti. Laporan terbaru dari GfK Asia yang diterima Kompas.com menunjukkan, ada 4,7 juta unit terjual selama Juli-September 2011.

Pada periode yang sama, Android berhasil meraih posisi puncak sejak Juli 2011. Padahal, pada Mei 2011, Android masih ada di posisi tiga di bawah BlackBerry dan Symbian.

Saat ini, penjualan smartphone berbasis Android disebut telah mencapai 1,8 juta unit. Penjualan Android kini hampir mencapai 40 persen. Artinya, sekitar dua dari setiap lima ponsel pintar yang terjual menggunakan sistem operasi Android.

"(Android) jadi satu-satunya sistem operasi smartphone yang terus-menerus mencetak pertumbuhan setiap bulan selama 12 bulan terakhir. Dibandingkan kuartal ketiga setahun lalu, volume penjualan smartphone Android tumbuh lebih dari 1.000 persen," ujar Benedict Hong, Regional Account Director for Telecommunications, di GfK Asia.

Meski demikian, Hong mengatakan, Indonesia masih menunjukkan perbedaan dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. Pasar smartphone terbesar di Asia Tenggara ini masih menunjukkan kedigdayaan BlackBerry yang tetap memimpin selama lima kuartal terakhir.

Walaupun ada perbedaan itu, Hong mengatakan, tren pertumbuhan Android di kawasan ini adalah sesuatu yang tidak bisa dimungkiri lagi. Jika tahun lalu hanya tersedia 50 model perangkat Android di pasaran, saat ini Hong mencatat ada 170 model yang tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com