Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

33 Persen Pengguna Pakai Facebook untuk Putus Cinta

Kompas.com - 14/11/2011, 09:04 WIB

KOMPAS.com - Sebuah survei digelar terhadap 550 orang pengguna Social Media berusia di atas 18 tahun. Survei yang dilakukan Lab42 itu berusaha mengeksplorasi beberapa isu-isu yang sifatnya personal.

Salah satu hasilnya, sebanyak 33 persen pengguna mengaku pernah memutuskan hubungan percintaan melalui email, SMS atau pesan di Facebook. Sedangkan 40 persen responden mengatakan akan/mau melakukan hal itu.

Agaknya survei ini bisa memberikan gambaran betapa hubungan antar manusia sudah semakin kental dipengaruhi oleh jejaring sosial. Tindakan 'putus cinta', yang biasanya dilakukan dengan bertemu langsung, kini cukup dengan mengetikkan beberapa kalimat di layar saja.

Temuan lain dari survei itu yang menarik adalah soal Status hubungan di Facebook. Sebanyak 52 persen responden mengatakan akan segera mengubah 'relationship status' mereka setelah putus cinta.

Agak berbeda dengan yang baru menjalin hubungan romantis. Hanya 38 persen yang mengaku akan segera mengubah 'relationship status' mereka, 24 persen mengatakan mau menunggu pasangannya terlebih dahulu.

Facebook juga dianggap sebagai media pedekate alias pendekatan yang cocok untuk mencari pasangan. Sebanyak 57 persen responden mengaku akan 'Add Friend' pada orang yang ditaksirnya, hanya 11 persen yang mengatakan akan follow di Twitter.

Lagi-lagi perlu diingat bahwa survei ini dilakukan terhadap pengguna berusia di atas 18 tahun. Aksi-aksi penuh kegalauan seperti itu ternyata bukan melulu dilakukan oleh kalangan ABG.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com