Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Siapkan 2 Jalur ke Windows 8

Kompas.com - 23/11/2011, 14:20 WIB

KOMPAS.com — Ada dua jalur yang bisa dipilih pengguna yang ingin meng-upgrade sistemnya ke Windows 8 kelak. Jalur awam dan jalur teknis.

Microsoft berharap adanya dua jalur itu akan mempercepat waktu upgrade. Jalur awam akan memudahkan kalangan pengguna rumahan yang selama ini cukup kesulitan saat hendak upgrade sistem operasi.

Jalur awam

Jalur yang lebih mudah itu akan tersedia bagi mereka yang menjalankan peranti lunak upgrade melalui keping DVD atau hasil unduhan. Software ini menggabungkan aplikasi Windows 7 Upgrade Advisor, Windows Easy Transfer, dan set up ke dalam satu tampilan wizard yang mudah.

Wizard ini akan mendeteksi kemungkinan masalah yang terjadi pasca-upgrade. Pengguna bisa memilih apakah masalah-masalah itu vital dan melanjutkan dengan proses pemindahan aplikasi lain dari Windows 7 ke Windows 8.

Pengguna yang lompat dari Vista tak bisa memindahkan aplikasinya, sedangkan pengguna XP hanya bisa memilih untuk memindahkan file pribadi.

Microsoft berjanji prosesnya akan lebih sederhana di Windows 7 kelak. Jika proses upgrade ke Windows 7 butuh sekitar 60 kotak dialog dan 4 wizard, proses yang baru ini hanya butuh 11 klik di satu aplikasi saja.

Jalur teknis

Adapun jalur satu lagi adalah jalur teknis. Upgrade yang bisa dilakukan dari DVD atau USB flashdisk ini memungkinkan pengaturan lanjut, seperti pemilihan partisi hingga melakukan format hard disk saat instalasi.

Microsoft memperkirakan waktu upgrade yang dibutuhkan akan turun drastis. Misalnya, saat Windows 7 upgrade "berat" yang melibatkan 430.000 file dan 90-an aplikasi butuh waktu 188 menit, di Windows 8 hanya butuh 46 menit. Waktu untuk instalasi bersih juga akan jadi lebih singkat. Di Windows 7 proses ini butuh waktu 32 menit, untuk Windows 8 cukup 21 menit.

Akankah janji ini terpenuhi? Nantikan saja saat Windows 8 tiba pada 2012.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com