Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Veolo Hadirkan Android di Layar Televisi

Kompas.com - 29/11/2011, 13:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - AC Ryan, perusahaan IT dan consumer electronic dari Belanda meluncurkan Veolo Smart Android Hub. Peranti tersebut dapat mengubah televisi LCD atau perangkat yang mendukung HDMI yang kita miliki menjadi sebuah perangkat digital home entertainment.

Product Manager AC Ryan, Victorinus Tanjaya menjelaskan peranti tersebut menjadi perantara yang menghubungkan Internet dengan televisi yang menjadi medianya. Sehingga televisi biasa yang kita miliki bisa digunakan untuk menikmati Internet, video streaming, film, musik hingga game online dengan gambar kualitas full HD (high definition).

"Biasanya kita menikmati hiburan hanya melalui ponsel pintar ataupun laptop, tapi dengan alat ini kita bisa menikmati hiburan dari Internet hanya melalui televisi dengan seluruh keluarga," kata Victorinus di Jakarta, Selasa (29/11/2011).

Cara kerja piranti ini adalah hanya dengan mencolokkan kabel HDMI ke televisi dan menyambungkan dengan jaringan Internet yang ada. Alat ini mendukung koneksi jaringan WiFi 802.11 b/g/n, WLAN hingga 1.000 Mbps dan modem. Untuk Internet-nya mendukung HTML5, Adobe Flash dan Chrome V8.  Prosesornya sudah dilengkapi ARM Cortex A9 1Ghz dengan RAM 512 MB DDR3.

Agar lebih menarik dari sisi konten, piranti ini juga menggunakan Android 2.2 Froyo sehingga mampu mengunduh beragam konten maupun permainan gratis dari Android Market. Jadi, kita pun bisa memainkan permainan yang ada di Android di televisi.

"Alat ini menjadi alternatif perangkat mendapatkan hiburan selain ponsel dan laptop. Apalagi dengan dukungan aplikasi di Android Market maka kita bisa mendapatkan aplikasi yang kita inginkan dan dimainkan di televisi," tambahnya.

Beda dengan produk pesaing, peranti ini juga dilengkapi dengan remote control "3 in 1" yang juga dapat dipakai sebagai keyboard QWERTY, mouse, dan wireless controller. Dalam remote tersebut, juga dilengkapi dengan sensor gerak sehingga mampu memainkan permainan yang tidak perlu memakai kabel. Sinyal remote control tersebut menggunakan Radio Frequency (RF), bukan infrared sehingga tidak perlu didekatkan ke televisi.

Alat ini juga dilengkapi dengan slot MicroSD yang berkapasitas 4GB dan dapat di-upgrade hingga 32GB. Sehingga dapat menyimpan gambar, foto maupun film yang diunduh dari Internet dan dinikmati melalui televisi.

Mulai minggu depan, secara serentak akan diluncurkan di seluruh negara Eropa dan Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Perangkat ini dibanderol Rp 2,499 juta dengan garansi dua tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com