Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cyrus TV Pad, Tablet Android dengan Fitur Televisi

Kompas.com - 29/11/2011, 18:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tablet dengan kemampuan televisi berbasis Internet atau streaming TV itu sudah biasa, tetapi bila tablet tersebut dapat memutar program televisi analog tentu hal yang luar biasa. Adalah Cyrus TV Pad yang mempunyai kemampuan tersebut.

Cyrus TV Pad adalah perangkat komputer tablet yang berbasis sistem operasi Android 2.3 (Gingerbread). Produk ini diklaim sebagai tablet Android pertama di Indonesia yang mempunyai kemampuan menayangkan program televisi, baik analog maupun berbasis Internet.

Untuk televisi analog, tablet ini sudah dilengkapi antena yang bisa dipanjangkan dan diatur posisinya layaknya antena internal yang dimiliki televisi. Sedangkan untuk televisi berbasis Internet, tablet ini mengandalkan teknologi 3G (yang di-bundling dengan TelkomselFlash) dan dari koneksi Wi-Fi.

"Untuk saat ini, siaran televisi yang tersedia masih siaran televisi lokal dan nasional, sedangkan untuk siaran internasional, kami masih melakukan pembicaraan dengan Telkom Group untuk nantinya memberikan layanan channel on demand dari IPTV Telkom," ujar Nino Pohan, Direktur Utama PT. Mitra Komunikasi Nusantara, dalam jumpa pers di Cyrus Center, Mall Ambassador, Jakarta, Selasa (29/11/2011).

Multimedia Center dengan Basis Android Tablet

Budiarto Kusuma, juru bicara direktur marketing PT. Mitra Komunikasi Nusantara sebagai produsen Cyrus TV Pad mengatakan, Cyrus TV Pad juga bisa disebut sebagai multimedia center dengan basis tablet Android.

Pasalnya, selain televisi, tablet ini juga memiliki fitur radio analog, kamera, pemutar musik, dan pemutar video. Selain itu, tablet ini juga memiliki GPS dan bisa digunakan untuk telepon dan mengirim pesan singkat.

"Perangkat multimedia yang ditujukan untuk sarana hiburan, tersedia di tablet ini, sehingga pengguna bisa menonton televisi, mendengarkan musik, memotret, dengan hanya menggunakan satu perangkat," jelasnya.

Spesifikasi Produk

Cyrus TV Pad memiliki ukuran 193, 5 x 126, 4 x 14 mm, dengan layar WVGA TFT LCD (800 x 480). Dilengkapi prosesor MV 955, 806 MHz, dengan memori 512 MB flash ditambah 512 MB RAM, dan Micro SD hingga 32 GB.

Konektivitas menggunakan Bluetooth, Wi-Fi, Edge, WCDMA, dan Mini USB. Jaringan menggunakan HSUPA/HSDPA/WCDMA/EDGE/GPRS/GSM dilengkapi dengan sensor GPS, G-sensor, dan E-compass.

Untuk multimedia, tablet ini memiliki kamera 5 Megapixel dengan autofocus, FM Radio, MP3 Player, dan MPEG4 (video).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com