Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jebakan Telepon Skype Curi Data Pengguna Facebook

Kompas.com - 01/12/2011, 12:37 WIB

oleh Alfons Tanujaya*, Vaksincom


KOMPAS.com - Pada suatu hari yang cerah, Anda sedang asyik mengerjakan tugas Anda di komputer. Samar-samar Anda mendengar suatu .. Tunggg... dan browser Anda di background yang sedang membuka pagina Facebook menyala memberikan informasi ada rekan yang mengirimkan pesan Facebook Chat kepada Anda. Tentunya Anda segera berpindah membuka browser tersebut dan mendapatkan pesan Facebook Chat tersebut.

Pesannya seperti terlihat pada Gambar 1. Rupanya teman Anda yang tampangnya mirip “Jambul Khatulistiwa” mengirimkan informasi aplikasi Facebook baru yang bernama Skype Call.

Tunggu dulu, sebagai pengguna komputer tentunya Anda sering mendengar bahwa internet adalah tempat yang berbahaya, mungkin tidak lebih berbahaya dari pada jembatan Kutai atau antrian Blackberry yang memberikan diskon 50 % dan membuat pingsan puluhan orang.

Tetapi Anda sudah banyak mendengar kalau tautan apapun yang diberikan di internet kemungkinan mengandung kode berbahaya yang dalam kasus tertentu akan membuat komputer Anda "pingsan".

Lalu Anda akan aktifkan perimeter Anda, segala macam pasukan pelindung dari antivirus, antispyware, antispam, antiphishing sampai antimo pun kalau perlu dikerahkan untuk mengamankan komputer Anda sebelum membuka link yang membuat Anda tergoda tadi.

Menipu dengan HTTPS

Tetapi, link yang diberikan adalah apps.facebook.com yang berarti aplikasi dari Facebook, apalagi depannya https, kalau “s” dari https kan merupakan kependekan dari kata secure yang kalau ditanyakan ke om Google divisi Translate artinya aman. Jadi dalam bahasa Indonesia https kira-kira artinya “YaMa” alias Yakin aMan.

Tentunya hal ini makin membuat tenang diri Anda untuk menjalankan link tersebut. Padahal, pembuat scam ini sangat pintar karena meskipun tampilan yang diberikan adalah link https, tetapi Anda sebenarnya dihantarkan ke situs http.

(Kalau Anda pengguna Facebook yang konservatif dan melindungi diri Anda dengan mengaktifkan https dalam mengakses akun Facebook Anda, Anda akan terhindar dari ancaman Scam ini.)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com