Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Siap Tinggalkan Silverlight?

Kompas.com - 13/12/2011, 09:28 WIB

KOMPAS.com - Microsoft merilis plug-in web browser termutakhirnya, Silverlight 5. Plug-in browser versi lima ini kemungkinan akan menjadi versi terakhir dari Silverlight tetapi Microsoft berjanji akan mendukungnya hingga tahun 2021 nanti.

Sebagai penggantinya, Microsoft akan menggunakan WinRT yang sebenarnya berbasis WPF dan HTML5 atau Javascript untuk Windows 8 nanti. Silverlight 5 berukuran 7MB tersebut sudah bisa diunduh sejak 9 Desember 2011.

Seperti versi sebelumnya, Silverlight versi 5 dapat digunakan untuk mesin Windows dan Mac. Aplikasi ini juga tersedia untuk Internet Explorer, Firefox, Google Chrome, dan Safari.

Silverlight 5 ini telah diberikan beberapa kemampuan baru seperti video decoding yang diakselerasi dengan hardware, terutama yang telah memiliki video decoder accelerotor. Dengan hardware tersebut, kualitas video dan performanya akan menjadi lebih baik lagi.

Pihak Microsoft tidak menyebutkan rilis Silverlight 5 ini sebagai yang terakhir. Namun, Microsoft juga belum mau berkomentar ataupun tidak memberikan sanggahan soal kemungkinannya meluncurkan Silverlight 6.

Seperti dikutip ZDnet.com, kemungkinan Microsoft juga tidak akan menggelar konferensi Mix di 2012 atas rumor kelanjutan aplikasi web browser-nya tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com