Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trio Bos Google Punya 8 Pesawat Pribadi?

Kompas.com - 13/12/2011, 12:08 WIB

KOMPAS.com — Pesawat pribadi yang dimiliki para pemimpin Google selalu menuai kontroversi. Seperti dikutip dari TechCrunch, trio pemimpin Google, Larry Page, Sergey Brin, dan Eric Schmidt, dikabarkan menambah jumlah pesawat pribadinya total menjadi delapan buah.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, mereka juga akan membayar 33 juta dollar AS untuk perbaikan Hangar One, sebuah hanggar pesawat yang dibangun pada 1930. Hangar One yang berada hanya beberapa kilometer dari Googleplex, rencananya akan dihancurkan, lalu dibangun kembali untuk tempat parkir pesawat pribadi Google.

Tahun 2007 lalu, trio ini membeli dua pesawat jet kecil tipe Gulfstream VS dan 1 Boeing 767 pertamanya. Pada tahun yang sama, Google kembali membeli satu pesawat Boeing, kali ini tipe 757. Tahun 2008, harian The New York Times melaporkan, Google memiliki pesawat tempur tipe Dornier Alpha. Google tidak memasang logo pada pesawat-pesawat tersebut.

Jika ditotal, jumlah pesawat tersebut baru ada lima. Berarti, ada tiga pesawat lagi yang belum terungkap oleh media.

Memang baru lima pesawat Google yang asal-usulnya sudah terkonfirmasi. Meski begitu, Direktur Operasional H211 Ken Ambrosius sempat mengatakan bahwa para bos situs mesin pencari itu memiliki delapan pesawat pribadi.

Di sisi lain, keputusan trio pemimpin Google ini menambah jumlah pesawat pribadi mereka sangat bertolak belakang dengan pencanangan Google Green.

Menggunakan pesawat pribadi bisa disebut tidak ramah lingkungan bagi para pemimpin perusahaan yang selalu membanggakan Google sebagai green company.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com