Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Relakan WebOS Jadi Platform "Terbuka"

Kompas.com - 13/12/2011, 14:14 WIB

KOMPAS.com - Hewlett Packard (HP) bakal menjadikan sistem operasi mobile webOS sebagai sistem operasi "terbuka" atau open source. HP menyebutkan ini adalah bukti komitmen mereka tetap akan aktif dalam mengembangkan webOS.

Padahal bulan November lalu, sempat beredar rumor HP sedang menawarkan webOS ke beberapa vendor lain. Beberapa vendor yang dikabarkan tertarik membeli webOS, antara lain Amazon, RIM, IBM, Oracle, dan Intel. Namun, akhirnya HP memutuskan untuk "membebaskan" webOS.

HP membeli webOS dari Palm pada April 2010. Perangkat pertama HP yang menggunakan webOS adalah tablet PC, HP TouchPad. Namun, ternyata penjualan Touchpad sangat buruk, meski HP sempat beberapa kali memotong harganya.

Chief Executive Officer HP Meg Whitman menyatakan webOS bakal menjadi aplikasi open source berdasarkan diskusi manajemen HP pada akhir November 2011. Ini berarti HP tidak akan lepas tangan dari webOS.

"Membuat sistem operasi webOS menjadi terbuka merupakan langkah besar yang diambil HP pada tahun ini," kata Whitman.

Dengan menyandang status open source, webOS dapat diubah kode sumbernya oleh semua orang di seluruh dunia dan diharapkan dapat bersaing dengan Android yang dari awal sudah open source.

Belum ada informasi lebih lanjut dari source code dari sistem operasi tersebut, apakah akan diletakkan di situs HP sendiri, Google Code, Sourceforge atau situs lainnnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com