Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, "GPS" Sudah Ada sejak 1930

Kompas.com - 13/12/2011, 18:57 WIB

SPANYOL, KOMPAS.com — Jauh sebelum orang-orang mafhum dengan perangkat pemandu jalan di mobil semacam global positioning system, sebuah produk bernama Iter Avto sudah dibuat di Spanyol pada 1930. Jangan bayangkan perangkat canggih dalam mobil yang mengandalkan satelit seperti dibuat Alpine (1981) atau Etrak (1983), atau bisa disuruh menunjuk jalan dengan suara kita (yang belakangan diakui malah bikin repot). Iter Avto jauh lebih sederhana, hanya mengandalkan kertas rol sebagai peta berjalan.

Iter Avto sebenarnya lebih mirip peta dalam bentuk rol yang bergerak seiring gerak mobil. Peta berputar di tengah, ibarat sebuah layar. Lalu prinsip putarannya mirip spidometer yang bergerak mengandalkan putaran roda. Iter Avto pun diletakkan persis ketika orang zaman sekarang meletakkan global positioning system (GPS), yaitu di tengah bawah dasbor.

Sebuah kertas gulungan bergambar jalan dan titik-titik nama wilayah kemudian disematkan di dalamnya. Penggunaannya tergantung lokasi yang sedang dituju. Jika pengguna misalnya ingin ke London,  mereka harus memasang gulungan peta khusus London. Kalau pindah tempat,  harus ganti gulungan.

Pujian brilian terhadap ide tentang Iter Avto sebagai penunjuk jalan di mobil habis ketika akhirnya pengguna membelokkan mobilnya. Peta itu tidak ikut berbelok karena hanya bisa digunakan saat mobil bergerak lurus.

Keberadaan Iter Avto pun kurang jelas mengingat data produsen dan nama penciptanya seperti hilang ditelan zaman.

Namun, jika bicara "siapa yang duluan membuat", pemandu jalan serupa pernah juga dibuat di Inggris, bahkan 10 tahun sebelumnya atau kisaran tahun 1920. Perangkat yang dinamai Plus Fours Routefinder ini bahkan lebih simpel. Bentuknya seperti jam tangan. Prinsip kerjanya sama dengan Iter Avto, yaitu menggunakan gulungan peta. Namun, geraknya manual, yaitu diputar-putar dengan jari. (Dimas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com