Kamis, 30 Maret 2017

Wikipedia Bahasa Inggris Terancam Ditutup

KOMPAS.com — Jimmy Wales, pendiri situs ensiklopedia bebas Wikipedia, berencana  menutup Wikipedia berbahasa Inggris di seluruh dunia. Langkah ini bisa disebut sebagai bentuk protes terhadap Pemerintah Amerika Serikat yang sedang membahas Rancangan Undang-Undang Anti-pembajakan Online.

Jika Wikipedia bahasa Inggris benar-benar ditutup, tentu akan memberi tekanan besar kepada Pemerintah AS. Pasalnya, situs non-profit Wikipedia merupakan situs keenam yang paling sering dikunjungi di dunia, dengan jumlah pembaca mencapai 365 juta orang.

"Jangan meremehkan kekuatan kami. Menurut saya, pemerintah takut jika publik melakukan pemberontakan. Dan kami (Wikipedia) akan memulai hal itu," tulis Wales di blog pribadinya, Rabu (14/12/2011). Karena, menurut Wales, dibutuhkan sebuah pemberontakan umum untuk menghentikan hal itu.

Wales pun mengundang Wikipediawan, sebutan untuk para kontributor di Wikipedia, untuk memberikan pandangan mereka atas tindakan tersebut dalam sebuah jajak pendapat.


Advertisment

Wikipediawan sebelumnya telah menggunakan taktik serupa untuk memberi tekanan politik, tetapi dalam skala yang lebih kecil. Mereka menutup Wikipedia bahasa Italia sebagai salah satu protes terhadap aturan kepolisian setempat yang melarang publikasi hasil rekaman polisi. Selama tiga hari pada bulan Oktober, pengunjung Wikipedia berbahasa Italia disambut oleh pernyataan yang mengkritik peraturan tersebut, dan Wikipedia meminta agar peraturan itu segera dihapus.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Pepih Nugraha