Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saluran YouTube Khusus untuk Dunia Pendidikan

Kompas.com - 15/12/2011, 10:50 WIB

KOMPAS.com — YouTube mencoba menyesuaikan diri dengan dunia pendidikan melalui layanan YouTube for School. Situs video sharing ini telah menyediakan YouTube Edu, sebuah situs yang didedikasikan untuk konten pendidikan dan bisa digunakan untuk bahan ajar di kelas.

Selama ini, banyak sekolah yang memblokir YouTube karena dianggap terlalu banyak konten video negatif. Dengan layanan YouTube for School, pihak sekolah bisa mengaktifkan akses ke YouTube EDU.

"Banyak sekolah yang memblokir akses ke YouTube. Untuk mengatasi masalah ini, kami telah mengembangkan YouTube for School. Mereka bisa mengakses ratusan ribu video pendidikan di YouTube for School yang dapat membantu menjelaskan bagaimana proses fotosintesis, atau menunjukkan seperti apa kehidupan di zaman Yunani kuno," kata Brian Truong, manajer produk YouTube, dalam sebuah posting di blog.

Di YouTube Edu, guru dapat memilih ribuan video hasil kerja sama YouTube dengan 600 mitra penyedia video pendidikan. Video yang ditawarkan meliputi pelajaran singkat dari guru-guru di seluruh dunia, kursus dari universitas terkemuka, alat profesional untuk pendidik, dan konten inspiratif dari pemikir-pemikir dunia.

Selain itu, YouTube juga menyediakan layanan YouTube for Teachers. Di sini, guru dapat membuat kelas sendiri sesuai mata pelajaran dan tingkat pendidikan yang akan diajarkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com