Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

App Facebook Paling Banyak Digunakan di Android

Kompas.com - 19/12/2011, 09:47 WIB

KOMPAS.com - Jumlah pengguna Facebook di piranti Android kini sudah melampaui pengguna Facebook di iPhone. Pertumbuhan jumlah pengguna itu juga disebabkan oleh kenaikan jumlah pengguna Android di seluruh dunia.

Berdasarkan AppData Tracking Service yang dilansir TechCrunch, jumlah pengguna app Facebook for Android dalam sepekan terakhir mencapai 58,3 juta pengguna. Sedangkan pengguna Facebook untuk iPhone mencapai 57,4 juta pengguna.

Riset tersebut dilakukan untuk mengetahui pengembangan Facebook dalam versi mobile. Selama bertahun-tahun, Facebook hanya merilis fitur Facebook Mobile ini untuk pengguna iPhone.

Belakangan ini, pengguna Facebook untuk Android terus meningkat. Apalagi Timeline Facebook untuk Android sudah bisa dilakukan, sementara Timeline Facebook untuk iPhone belum.

Dengan kenaikan aktivasi piranti Android sekitar 550.000 unit per hari dan Facebook Timeline yang sudah bisa berjalan di Android, diperkirakan rentang perbedaan jumlah pengguna Facebook Android dan iPhone makin lebar.

Kendati demikian, jumlah pengguna secara bulanan Facebook Android masih kalah dibanding Facebook untuk iPhone. Berdasarkan data yang sama, pengguna Facebook Android sekitar 85,4 juta, kalah dibanding Facebook untuk iPhone sekitar 99,1 juta pengguna.

Namun jika dilihat dari penggunaan aktifnya, Facebook Android masih mendominasi pemakaian dengan 68,2 persen dibanding pengguna Facebook untuk iPhone sekitar 57,9 persen.

Dominasi pemakaian Facebook untuk Android ini disebabkan karena jenis pengguna yang rata-rata berusia muda, dibanding pengguna Facebook untuk iPhone yang lebih dewasa.

Sedangkan jumlah pengguna aktif Facebook untuk BlackBerry dalam sepekan hanya sekitar 29,9 juta dan Facebook untuk Windows Phone sekitar 360.000 pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com