Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Resmi Tempati Kantor Baru

Kompas.com - 19/12/2011, 15:25 WIB
KOMPAS.com — Perusahaan jejaring sosial Facebook tidak akan lagi berkantor di Palo Alto, California. Bisnis Facebook yang makin menggurita memaksa mereka untuk pindah ke kantor baru yang lebih luas di sebuah kompleks yang beralamat di 1 Way Hacker, Menlo Park, California.

Pada Senin (19/12/2011) waktu setempat, 1 Way Hacker dijadwalkan resmi menjadi markas baru Facebook. Namun, menurut harian SF Gate, Facebook tidak akan menggelar acara khusus untuk ini. Para karyawan akan langsung bekerja seperti biasa.

Kepindahan karyawan dilakukan dalam tiga gelombang. Yang pertama, 500 karyawan mulai pindah pada pertengahan Agustus lalu. Gelombang kedua dilaksanakan pada akhir pekan lalu, dan pekan ini seharusnya menjadi gelombang terakhir.

Facebook telah berkantor di Palo Alto sejak Juni 2004, empat bulan setelah perusahaan ini didirikan oleh Mark Zuckerberg dari sebuah kamar asrama di Harvard University. Pada Februari 2011, Facebook mengumumkan rencana untuk pindah ke Menlo Park agar bisa menampung para karyawan yang jumlahnya semakin banyak.

Raksasa jejaring sosial ini akan menempati kantor di Menlo Park selama 15 tahun. Kantor baru Facebook ini merupakan bekas kantor Sun Microsystems sebelum diakuisisi oleh Oracle pada 2009. Dalam kompleks tersebut sudah terdapat sebuah gedung bernama East Campus seluas 57 hektar yang akan ditempati 6.600 karyawan Facebook.

East Campus saja tidak cukup menampung karyawan Facebook yang jumlahnya mencapai 9.400 orang. Oleh karena itu, Facebook membangun area perkantoran baru yang diberi nama West Campus di atas lahan seluas 22 hektar. West Campus akan terhubung dengan East Campus melalui sebuah jalan terowongan. Sebanyak 2.800 karyawan akan menempati West Campus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com