Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Aplikasi Android Pilihan Tahun 2011

Kompas.com - 23/12/2011, 10:04 WIB

KOMPAS.com - Jumlah aplikasi di Android Market mungkin tidak sebanyak di (Apple) App Store. Meski begitu, jumlah aplikasi di Android Market saat ini bisa dibilang lebih dari cukup dan akan terus bertambah dengan cepat.

Sampai Desember 2011 ini, lebih dari 10 miliar aplikasi telah diunduh dari Android Market. Angka tersebut mengalami kenaikan pesat karena pada Juli 2011 lalu, jumlah aplikasi yang diunduh hanya sekitar 6 miliar.

Dari ribuan aplikasi yang terdapat di Android Market, berikut ini 20 aplikasi yang berguna dan membantu produktivitas para pengguna Android, khususnya untuk kalangan profesional dan pebisnis.

1. Google Voice

Google Voice menyediakan layanan pengelolaan telepon secara gratis. Pengguna dapat memasukan sejumlah nomor telepon, sesuai ketentuan yang diinginkan. Anda bisa memisahkan nomor telepon tertentu, agar nomor tersebut hanya dapat menghubungi Anda pada jam tertentu. Selain itu, Google Voice secara otomatis bisa mentransformasi pesan suara menjadi email ataupun SMS.

2. Advanced Task Killer

Konsumsi baterai yang boros pada smartphone disebabkan karena banyak aplikasi yang berjalan di background. Jika ingin konsumsi baterai tidak terlalu boros, Anda harus menghentikan kerja beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak sedang digunakan itu. Dengan menggunakan Advanced Task Killer, pengguna dapat menutup semua aplikasi yang berjalan di background. Aplikasi ini bahkan lebih efektif daripada Task Manager.

3. Dropbox

Dropbox bisa disebut sebagai aplikasi yang menggantikan fungsi flash disk sebagai media penyimpan data. Hanya saja, Dropbox diakses secara online dan tidak harus menggunakan komputer.

Sebelumnya, Anda harus mengunduh Dropbox di www.dropbox.com, membuat akun, dan menginstalnya di komputer. Secara otomatis folder Dropbox di komputer Anda akan muncul. Anda bisa menambah atau membuang file dalam folder tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com