Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

350 Juta Orang Akses Facebook dari Perangkat "Mobile"

Kompas.com - 01/01/2012, 14:29 WIB

KOMPAS.com - Sepanjang musim belanja Natal dan tahun baru, jumlah aktivasi perangkat Android dan Apple meningkat di seluruh dunia. Hal ini disebabkan karena perangkat tersebut menjadi kado Natal dan Tahun Baru paling favorit. Tingginya minat orang akan perangkat mobile ini, sepertinya berdampak langsung terhadap jumlah pengakses Facebook dari platform mobile.

Benedict Evans, salah seorang analis dari Enders Analysis mengemukakan data per  27 Desember 2011. Dari total 800 juta pengguna jejaring sosial yang mengakses jejaring sosial di ponsel mereka, 350 juta diantaranya adalah pengakses jejaring sosial Facebook. Angka ini merupakan angka kumulatif dari beragam perangkat, seperti iPhone, iPad dan iPod Touch, Android, BlackBerry, feature phone, Symbian, dan Windows Phone.

Dari penelitian tersebut menunjukkan, setiap harinya 58,4 juta pengguna iPhone dan iPod Touch mengakses jejaring sosial Facebook. Disusul dengan 59,7 juta pengguna Android mengakses Facebook setiap harinya. Lalu pengguna BlackBerry yang mengakses Facebook setiap harinya mencapai 30,1 juta orang.

Hanya 8,8 juta pengguna feature phone yang mengakses Facebook dari ponselnya. Sedangkan iPad, Symbian, dan Windows Phone, jumlahnya sangat rendah, masing-masing hanya 5,9 juta, 1,6 juta, dan 1 juta pengguna yang mengakses Facebook setiap hari dari perangkat-perangkat tersebut.

Sedangkan per bulannya, sebanyak 100,4 juta pengguna iPhone dan iPod Touch mengakses Facebook. Disusul Android dengan 87,8 juta pengguna setiap bulan. Pengguna BlackBerry mencapai 48,6 juta pengguna per bulan yang mengakses Facebook per bulan. Sedangkan dari feature phone, iPad, Symbian, dan Windows Phone tetap dengan angka yang kecil di kisaran 38,6 juta, 16,6 juta, 8,2 juta, dan 1,1 juta pengguna per bulan yang mangakses Facebook dari perangkat mobile mereka.

Dari angka-angka pengguna Facebook yang mengakses dari perangkat bergerak, hanya 30 persen diantaranya yang mengakses Facebook menggunakan aplikasi khusus Facebook, kebanyakan mengakses melalui browser. Tampaknya Facebook harus terus bekerja sama dengan produsen perangkat agar menyediakan aplikasi Facebook di perangkat-perangkat tersebut. Facebook juga dikabarkan sedang mencoba bernegosiasi dengan operator seluler sehingga pengguna bisa mengakses Facebook secara gratis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com