Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalahkan iOS, Android Makin Berjaya

Kompas.com - 02/01/2012, 09:17 WIB

KOMPAS.com - Sebelumnya sistem operasi mobile Apple-lah yang selalu menjadi raja di wilayah Amerika Serikat. Kini tahta tertinggi tersebut harus direlakan Apple iOS ke saingan beratnya, Android.

Sistem operasi Android besutan Google, mempertahankan posisinya sebagai sistem operasi perangkat mobile yang paling banyak digunakan di AS hingga bulan November 2011.

Menurut lembaga riset comScore, sejak bulan September hingga November 2011, Android meraup pangsa pasar 46,9 persen atau naik 3,1 persen dari bulan Agustus lalu. Peringkat kedua diduduki Apple dengan iOS-nya yang meraih pangsa pasar 28,7 persen, atau naik 1,4.

Sementara BlackBerry OS (BBOS) besutan Research In Motion (RIM) bercokol di peringkat 3 dengan 16,6 persen. Pangsa pasar BBOS turun 3,1 persen.

Peringkat 4 dan 5 ditempati oleh Windows Phone besutan Microsoft yang meraih 5,2 persen (menurun 0,5 persen) dan Symbian dari Nokia dengan 1,5 persen (anjlok 0,3 persen).

Pangsa pasar Android dan iOS diprediksi akan terus meningkat pada bulan-bulan berikutnya dan akan jauh meninggalkan sistem operasi lain. Menurut statistik pasca hari Natal, ada 6,8 juta aktivasi perangkat Android dan iOS pada tanggal 24 dan 25 Desember 2011.

Angka tersebut melonjak tajam 353 persen jika dibandingkan pada tanggal 1 sampai 20 Desember, dimana per harinya ada 1,5 juta aktivasi perangkat Android dan iOS. Para pengamat menilai, banyak orang memilih perangkat berbasis Android dan iOS untuk dijadikan kado Natal.

Sistem operasi terbaru Android versi 4.0 yang diberi nama Ice Cream Sandwich, telah memulai debut di AS dan pertama kali disematkan pada smartphone Samsung Galaxy Nexus. Sejak pertama kali diperkenalkan, Ice Cream Sandwich mendapat sambutan luar biasa dari vendor yang memproduksi perangkat Android. Vendor-vendor itu langsung menyatakan akan melakukan upgrade sistem operasi menggunakan Ice Cream Sandwich.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com